ALEA#2 2022 MA An-Nawawi Purworejo Sukses Digelar, Sepekan Salurkan Minat dan Bakat Ribuan Siswa

PENTAS. Siswa MA An-Nawawi saat mementaskan drama legenda nusantara di ajang ALEA#2 tahun 2022. (foto : lukman hakim / purworejo ekspres)
PENTAS. Siswa MA An-Nawawi saat mementaskan drama legenda nusantara di ajang ALEA#2 tahun 2022. (foto : lukman hakim / purworejo ekspres)

PURWOREJO, MAGELANGEKSPRES.COM Event Art Literacy English and Arabic (ALEA)#2 tahun 2022 MA An-Nawawi Berjan Purworejo  sukses digelar. Selama sepekan, kegiatan tersebut dihelat guna mengasah sekaligus menyalurkan minat dan bakat bagi ribuan siswa madrasah yang bernaung di bawah Yayasan An-Nawawi tersebut.

Kepala MA An-Nawawi, H Sahlan SAg MSi dalam sambutannya saat menutup dan penyerahan hadiah pemenang lomba, Kamis (24/3) mengungkapkan bahwa event ALEA ini diproyeksikan menjadi agenda bergengsi untuk kalangan pelajar tidak hanya bagi internal siswa MA An-Nawawi.

Ia berharap tahun-tahun mendatang dapat digelar secara lebih luas dengan mengundang peserta dari luar. “ALEA ini nantinya bukan hanya sebagai ajang ekspresi bakat siswa semata, namun juga menjadi sarana syiar keluar,” terangnya.

Lebih lanjut dikatakannya, penyelenggaraan event ini juga menjadi sebuah wahana untuk menyamakan cemistry antara guru dengan siswa. Menurutnya, dalam teori pendidikan, guru tidak boleh membangun dunianya sendiri. Pun demikian, murid juga tidak boleh membangun dunianya sendiri.

“Kedua-duanya harus saling bersinergi. Emosionalnya harus terbangun dengan baik sehingga transfer ilmu dalam kegiatan belajar mengajar juga dapat berlangsung secara maksimal,” tandasnya.

Melalui rangkaian kegiatan ini, sambungnya, pihaknya berharap bahwa pembentukan karakter di MA An-Nawawi sesuai karakter pesantren tidak pudar meski pihaknya tetap mengakomodir kegiatan yang bersifat umum dari dunia luar yang positif untuk para siswa. Sebagaimana motto pesantren almukhafadzatu alal qodimissholih, wal akhdzu bil jadidil ashlah yang menjadi sebuah komitmen untuk senantiasa menjaga nilai-nilai lama yang baik dengan tetap mengakomodir atau tidak alergi sesuatu yang baru yang lebih baik.

“Itulah keseimbangan. Maka, dalam rangkaian agenda kegiatan ALEA tetap ada perlombaan umum seperti singing competition namun tetap tidak meninggalkan kegiatan lomba qiroatul kitab dan lain sebagainya,” tandasnya.

Sementara itu, Ketua Panitia Aviyati SSy mengatakan bahwa kegiatan ini adalah yang kedua kali dilaksanakan. Sebelumnya pihaknya sudah mempersiapkan sedemikian rupa ragam kegiatan dan lomba, namun hal tersebut urung dilaksanakan lantaran terbentur aturan PPKM akibat pandemi Covid-19.

“Alhamdulillah tahun ini dapat terlaksana dengan meriah dan lancar. Rangkaian kegiatan yang digelar tidak hanya perlombaan semata, namun juga ada sejumlah kegiatan pelatihan untuk meningkatkan kapasitas siswa,” terangnya.

Aviyati menambahkan, beberapa agenda peningkatan kapasitas yang dihelat antara lain diklat jurnalistik, talkshow pendidikan karakter dan anti bullying, pendalaman kitab kuning (putra) dan fiqh wanita (putri), perlombaan mars dan hymne, singing competition, lomba pidato bahasa Aran dan Inggris serta drama legenda nusantara.

“Kegiatan tersebut digelar selama sepekan dan diikuti oleh siswa kelas X dan XI bersamaan dengan kegiatan Ujian Madrasah bagi siswa kelas XII. Sehingga meski ada kegiatan UM XII, para siswa kelas X dan XI tetap aktif di lingkungan madrasah,” tandasnya. (luk)