Alasan Isoman, Azis Syamsuddin Tetap Digelandang ke Gedung KPK

Wakil Ketua DPR Azis Syamsuddin dibawa tim penyidik dan tiba di Gedung KPK (Jum’at, 24/9) sekitar pukul 19.53 WIB.
Wakil Ketua DPR Azis Syamsuddin dibawa tim penyidik dan tiba di Gedung KPK (Jum’at, 24/9) sekitar pukul 19.53 WIB.

JAKARTA,MAGELANGEKSPRES.COMKomisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menangkap Wakil Ketua DPR Azis Syamsuddin, Jumat (24/9). Usai dilakukan penangkapan, Azis langsung digelandang ke markas KPK.

Berdasarkan pantauan, Azis tiba sekitar pukul 19.53 WIB. Dia terlihat menggunakan baju batik bercorak kuning.

Azis ogah bicara saat tiba di Gedung Merah Putih KPK. Dia bahkan menghindari wartawan setibanya di KPK. Dia memilih langsung masuk ke dalam untuk menjalani pemeriksaan.

Sebelumnya, politisi Partai Golkar itu mengirimkan surat ke KPK. Isinya tidak bisa menghadiri pemeriksaan karena alasan isolasi mandiri. Tetapi KPK tidak percaya begitu saja. Tim penyidik langsung bergerak mencari keberadaan Azis. Dan akhirnya berhasil ditemukan. Bahkan, KPK melakukan tes swab kepada Azis.

Sedianya, Azis dijadwalkan untuk diperiksa dalam kasus dugaan suap terhadap penyidik KPK terkait penanganan perkara di Lampung Tengah, Lampung. KPK bahkan dikabarkan telah menetapkan Azis sebagai tersangka dalam perkara tersebut.

Alih-alih memenuhi panggilan penyidik, Azis justru meminta agar pemeriksaan dijadwalkan ulang lantaran tengah menjalani isolasi mandiri akibat sempat menjalin kontak dengan orang yang terpapar Covid-19.

KPK pun mengerahkan tim penyidik untuk mencari keberadaaan Azis Syamsuddin. Bahkan, KPK mengikutsertakan tim Covid-19 agar dapat langsung memeriksa kondisi kesehatan Azis setelah diketemukan. “Mengingat saat ini pandemi Covid-19 masih menjadi keprihatinan kita semua, maka tentu kami mengikutsertakan tim Covid-19 untuk memastikan kondisi beliau. Kami menaati protokol kesehatan Covid-19 dan menjunjung tinggi hak asasi manusia,” kata Ketua KPK Firli Bahuri, Jumat (24/9)

Azis kemudian dibawa tim penyidik dan tiba di Gedung KPK sekitar pukul 19.53 WIB. Firli berjanji pihaknya akan menyampaikan penjelasan kepada publik mengenai perkara yang menjerat Azis. “Kita kerja profesional. Pada saatnya kami akan memberikan penjelasan kepada publik,” katanya. (Fin)

Artikel Menarik Lainnya :  Lagi-lagi Kasus Suap, Bupati Muba Dody Reza Alex Noerdin Giliran Ditangkap KPK