Alam yang Indah Menjadi Alasan Utama Wisatawan Berkunjung ke Wonosobo

WISATA. Waduk Wadaslintang merupakan salah satu objek wisata andalan di Kabupaten Wonosobo yang memiliki panorama indah.
WISATA. Waduk Wadaslintang merupakan salah satu objek wisata andalan di Kabupaten Wonosobo yang memiliki panorama indah.

WONOSOBO, MAGELANGEKSPRES.COM– Pemkab Wonosobo melalui Disparbud melakukan penelitian terhadap wisatawan yang berkunjung selama tahun 2021. Alam yang indah ternyata menjadi alasan utama wisatawan berkunjung ke kabupaten di pegunungan ini.

“Jadi alasan utama mereka berkunjung menikmati objek wisata di Wonosobo karena alamnya yang indah dan menyenangkan, mencapai 32 persen,” ungkap Kepala Disparbud Wonosobo, Agus Wibowo, kemarin.

Menurutnya, andalan objek wisata Kabupaten Wonosobo memang alam. Hal tersebut terlihat dari kondisi geografis Wonosobo yang memiliki kontur gunung dan perbukitan serta banyak sungai, sehingga terlihat indah.

“Saya kira bagi turis atau wisatawan. Apalagi yang berasal dari daerah yang cukup padat serta panas. Wonosobo memang menjadi pilihan utama untuk menikmati kesejukan dan memanjakan mata,” ujarnya.

Sedangkan kesan negatif atau keluhan dari para wisatawan saat ke Wonosobo terkait dengan cuaca dingin dan juga akses jalan yang rusak. Untuk cuaca dingin memang wajar dikeluhkan karena wisatawan yang berkunjung ke dataran tinggi Dieng. Apalagi pada bulan bulan tertentu akan merasakan dingin yang cukup ekstrim.

“Melihat kesan negatif dan positif dari para pengunjung kita menjadi paham nanti, kelemahan apa saja yang harus diperbaiki ke depan,” katanya.

Melihat tingginya minat wisatawan terhadap alam Wonosobo, maka Dinas Pariwisata akan menyiapkan sejumlah langkah untuk melakukan perbaikan, misalnya dengan menjaga lingkungan tetap lestari agar keasrian dan kesejukan bisa dirasakan oleh wisatawan.

“Kita harus memastikan lingkungan objek wisata kita bersih, dan alami. Tidak banyak campur tangan manusia, beda kalau wisata non alam atau buatan,” ucapnya.

Terkait dengan hal itu pula, sektor wisata harus bersinergi dengan sektor pertanian dan peternakan. Karena keduanya akan saling mendukung dan membutuhkan. Edukasi terhadap warga dengan melibatkan berbagai elemen dan pelaku juga menjadi agenda utama.

Artikel Menarik Lainnya :  Seminggu Beroperasi, GPP Wonosobo Sudah Didatangi 100 Orang

“Kita ajak masyarakat, keinginan wisatawan itu alam yang indah dan sejuk, maka kita arahkan warga menjaga lingkungan, bersih dan tidak gampang mengubah bentang alam,” pungkasnya. (gus)