Al Khadziq: Pendidikan Madrasah di Temanggung Mulai Diminati

Al Khadziq: Madrasah di Temanggung Mulai Diminati
Bupati HM Al Khadziq saat menghadiri Akhirusanah dan Perpisahan Asrama Manbaul Qur'an di MAN Temanggung, Jumat (18/6/2022) malam. foto: rizal ifan chanaris.

TEMANGGUNG, MAGELANGEKSPRES.COM – Bupati HM Al Khadziq menyebut, saat ini menempuh jalur pendidikan di madrasah, tsanawiyah, dan pondok pesantren memiliki prospek yang sangat cerah. Pasalnya, telah terdapat standarisasi dan diakui oleh negara, dari semua jenjang maupun aspek.

Bahkan, dari madrasah aliyah banyak alumni yang terbukti bisa melanjutkan pendidikan ke perguruan-perguruan tinggi negeri, baik di dalam maupun luar negeri.

Tak sampai di situ saja, tak sedikit alumni madrasah yang kemudian bekerja di sektor-sektor modern, tidak kalah dari alumni dari pendidikan umum lainnya.

“Pendidikan dari madrasah mempunyai nilai lebih. Bahkan siswa-siswi yang menempuh pendidikan di madrasah mempunyai nilai lebih, karena selain menguasai pendidikan umum juga memiliki bekal ilmu agama yang sangat memadai,” katanya saat menghadiri acara Akhirusanah dan Perpisahan Asrama Manbaul Qur’an MAN Temanggung, yang digelar Jumat (17/6/2022) hingga Sabtu (18/6/2022).

Imbuhnya, hal itu mampu menjadi tolok ukur kenapa dalam beberapa tahun terakhir madrasah di Temanggung, baik negeri maupun swasta siswanya membeludak. Bahkan pendaftarnya melebihi di SD-SD negeri. Banyak SD negeri kekurangan siswa, tapi banyak madrasah kelebihan siswa.

“Ini menunjukkan masyarakat Temanggung memiliki jiwa yang sangat agamis. Ingin putra-putrinya selain menguasai ilmu-ilmu umum juga menguasai dan punya bekal ilmu agama. Semoga ini akan menjadi bekal masyarakat Kabupaten Temanggung, menjadi kabupaten yang baldatun thoyyibatun warabbhun ghoffur, tentrem, marem, gandem,” lanjutnya.

Menurutnya, khusus acara tersebut dapat menjadi refleksi bagi siswa-siswi yang baru saja dinyatakan lulus untuk menatap masa depan lebih baik, meraih prestasi untuk bangsa dan negara.

“Selamat kepada siswa-siswi, khususnya santriwan-santriwati dari asrama Manbaul Qur’an yang baru saja menyelesaikan jenjang studinya di MAN Temanggung, dan hari ini akan melakukan perpisahan untuk menempuh jenjang pendidikan yang lebih tinggi. Harapannya ilmu yang adik-adik dapatkan benar-benar menjadi ilmu yang bermanfaat dunia akherat. Semoga menjadi siswa-siswi yang cerdas, terampil, sholih, sholihah, berakhlakhul karimah, berguna bagi agama, bangsa, dan negara,” katanya, Jumat (17/6/2022) malam.

Sementara itu, Kepala MAN Temanggung, KH Ali Masyhar meminta kepada para alumni untuk melanjutkan perjuangan mencari ilmu. Pasalnya, dengan ilmu itulah akan menjadi mudah tercapai apa yang diinginkan (cita-cita).

“Lanjutkan perjuanganmu mencari ilmu, dan kami mohon kepada para orang tua, untuk mendukung anaknya agar terus mencari ilmu. Karena hanya dengan ilmu akan terangkat derajatnya,” pintanya. (riz)