Akmil Magelang Kirim 176 Nakes ke Jakarta

RELAWAN. Ratusan siswa tenaga kesehatan Akademi Militer Magelang dikirim menuju Ibukota Jakarta, untuk membantu penanganan Covid-19. (foto : IST/magelang ekspres)
RELAWAN. Ratusan siswa tenaga kesehatan Akademi Militer Magelang dikirim menuju Ibukota Jakarta, untuk membantu penanganan Covid-19. (foto : IST/magelang ekspres)

MAGELANGEKSPRES.COM, MAGELANG – Akademi Militer (Akmil) Magelang, mengirim sebanyak 176 personel tenaga kesehatan (nakes) ke Wisma Atlet dan tempat isolasi orang tanpa gejala (OTG) Covid-19 di Jakarta. Ratusan personel itu merupakan siswa perwira prajurit karir (PAPK) Angkatan 28 Khusus Tenaga Kesehatan (Susgakes).

Kepala Penerangan dan Hubungan Masyarakat (Penhumas) Akmil Magelang, Letkol Arm Kukuh Dwi Antono mengatakan, selain Wisma Atlet, nakes tersebut juga akan dikirim ke Rumah Susun Nagrak dan Rusunawa Pasar Rumput.

Para siswa tersebut diberangkatkan dari Akmil Magelang, Senin (28/6) pukul 05.00 WIB menuju Lanud Adisucipto Jogjakarta menggunakan pesawat Hercules TNI AU dan tiba di Lanud Halim Perdanakusuma. Namun, sebelum diberangkatkan, mereka terlebih dahulu menjalani tes swab PCR yang hasilnya negatif Covid-19.

”Setelah hasil tes negatif keluar, mereka baru dikirim dan diberangkatkan menggunakan dua pesawat Hercules A-1328 dan A-1335 milik TNI AU dari Lanud Adisucipto Jogjakarta menuju Lanud Halim Perdanakusuma Jakarta,” ujarnya.

Para siswa nakes yang dikirim tersebut terdiri dari 120 dokter umum, 20 dokter gigi, 8 orang keperawatan, farmasi apoteker 12 orang, fisioterapi 4 orang, Radiologi 2 orang, Kesehatan Lingkungan 1 orang, gizi 4 orang, Elektro Medis 1 orang, dan perawat gigi 1 orang. Kemudian, analisa medis 2 orang dan rekam medis 1 orang, serta Pengasuh Pendamping berjumlah 10 orang untuk membantu pelaksanaan PPKM Mikro, operasional rumah sakit rujukan, dan tempat isolasi terpusat di DKI Jakarta.

Seperti yang disampaikan Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto TNI dan Polri mengirim tenaga kesehatan tambahan, yang akan dibagi ke tiga tempat yaitu Wisma Atlet, Rusun Nagrak, dan Rusunawa Pasar Rumput. (wid)

Artikel Menarik Lainnya :  Awas! Varian Mu Berpotensi Hindari Kekebalan Tubuh