16.1 C
Magelang, ID
Senin, Januari 17, 2022

Tentang kami

Magelang Ekspres awal nya adalah Media cetak berbentuk Koran. Yang merupakan Koran lokal satu – satunya dan pertama yang ada di Kota Magelang. Koran ini berdiri sejak tanggal 5 Juli 2010 di Kota Magelang atas inisiatif dari induk perusahaan yaitu Radar Tegal.

Dalam perkembangan nya Koran ini merambah tidak hanya terbit dan beredar untuk pembaca di Kota Magelang saja, tetapi juga kabupaten Magelang, Kabupaten Purworejo, Kabupaten Temaggung, hingga Kabupaten Wonosobo.

Pada tahun 2018 Magelang Ekspres mulai bertransformasi menyambut era digital dan kemajuan teknologi dengan meluncurkan media online yang di beri nama : www.magelangekspres.com, sebuah media digital yang di harapkan dapat mencakup lebih banyak segmen pembaca dari seluruh Indonesia. Dengan cepat nya update berita-berita baik daerah maupun Nasional dan Internasional, media online ini di harapkan dapat memenuhi kriteria sebagai penyelenggara berita yang baik dan up to date, tentu saja segala aspek di media online kami ini akan terus di benahi dan di kembangkan agar dapat terus maju dan berkembang seiring kemajuan teknologi dan informasi.

Pada tahun 2021, sudah memiliki badan hukum perseroan terbatas sendiri, yakni PT. Wahana Semesta Magelang Digital.

magelangekspres.com merupakan salah satu media online di Kota Magelang yang fokus pada pemberitaan-pemberitaan di wlayah eks-karesidenan Kedu, yakni Kota Magelang, Kabupaten Magelang, Kabupaten Temanggung, Kabupaten Wonosobo dan Kabupaten Purworejo. 75 persen konten-konten berita di magelangekspres.com merupakan berita daerah.

Pada tahun itu pula, penetrasi magelangekspres.com menjadi lebih massif dengan dibuatnya akunmedia sosial (medsos), baik di Facebbok (FB) berupa FB magelang ekspres maupun di instagram, yakni @magelang_ekspres.

Kemudian semakin berkembangnya teknologi informasi dan pangsa pasar yang luas, magelangekspres.com juga meluaskan penetrasi pasarnya, dengan menambah banyak kuantitas berita-berita nasional, hukum dan kriminal, olahraga, kesehatan, entertainment, dan lain-lainnya. Meski begitu fokus utamanya tetap menyajikan perkembangan terkini di seputar Magelang.

Itulah sebabnya, pembaca magelangekspres.com juga diberi kesempatan untuk berinteraksi di setiap unggahan berita di kanal-kanal yang ada. Bahkan, pembaca juga diperkenankan untuk berkomentar serta berinteraksi aktif di akun-akun medsos yang magelangekspres.com miliki.

Pemberian kesempatan pembaca untuk berinteraksi aktif di situs maupun akun-akun medsos, merupakan wahana magelangekspres.com untuk membangun komunikasi terstruktur dengan pembacanya. Sehingga diharapkan bisa memunculkan kesamaan persepsi dan pandangan terhadap berita-berita yang sedang terjadi saat itu.

Selain itu, cara ini juga sebagai upaya untuk menghindari kesalahpahaman yang berujung sengketa pers. Bahkan lebih rinci lagi, pembaca diberi kesempatan mengkritisi semua berita-berita yang diunggah magelangekspres.com, untuk menghindari berita yang tidak benar atau hoaks.

magelangekspres.com ingin selalu berkonstribusi positif, membangun masyarakat yang sadar informasi, bijaksana, dan menempatkan asas praduga tak bersalah di atas segala-galanya. Karenanya, magelangekspres.com selalu berpedoman pada UU No.40 tahun 1999 tentang Pers serta Kode Etik Jurnalistik (KEJ).

magelangekspres.com melarang keras setiap karyawan terlibat dalam kegiatan politik sebagaimana diatur dalam Peraturan Perusahaan PT Wahana Semesta Magelang Digital. Karenanya, setiap karyawan dilarang melakukan kegiatan politik di lingkungan maupun di luar lingkungan perusahaan pada jam dan atau waktu kerja atau di luar jam dan atau waktu kerja dengan menggunakan fasilitas dan atau aset dan atau nama perusahaan yang dapat merugikan perusahaan.

Kegiatan yang dilarang perusahaan di antaranya:

1. Melakukan propaganda politik baik lisan maupun tertulis;
2. Menggunakan dan atau menempelkan dan atau menyebarluaskan segala
atribut partai, antara lain jaket, pakaian, bendera, pin, pamflet,
selebaran, tanda gambar, slogan ataupun tanda/bentuk lain yang
terkait dengan kegiatan politik;
3. Memberikan dukungan kepada suatu kegiatan politik dengan
menggunakan atau memanfaatkan fasilitas dan atau aset milik
perusahaan. Seperti kendaraan dinas, telepon, facsimile, amplop,
kertas surat, logo, komputer, dan atau jaringannya.