99 Persen Pembelian Tanah di Kota Magelang Sudah Terdaftar BPN

KERJA SAMA. Pemkot Magelang, Kodim 0705, dan BPN Kota Magelang sepakat menandatangani kerja sama di bidang pembangunan dan pertanahan, kemarin.(foto : dok/magelang ekspres)
KERJA SAMA. Pemkot Magelang, Kodim 0705, dan BPN Kota Magelang sepakat menandatangani kerja sama di bidang pembangunan dan pertanahan, kemarin.(foto : dok/magelang ekspres)

KOTA MAGELANG, MAGELANGEKSPRES.COM Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kota Magelang mengungkap bahwa 99 persen pembelian tanah di wilayah itu sudah terdaftar. Sedangkan 1 persen sisanya, merupakan tanah bersengketa atau tanah yang belum diketahui status haknya.

Hal itu dikatakan Kepala BPN Kota Magelang, Muhun Nugraha saat penandatanganan MoU antara Pemkot Magelang, Kodim 0705/Magelang, dan BPN Kota Magelang, Selasa (26/4) di Kantor Walikota Magelang.

Kerja sama ditandai dengan penandatanganan MoU Walikota Magelang dr Muchamad Nur Aziz, dengan Kepala BPN Kota Magelang Muhun Nugraha, dan Dandim 0705/Magelang Letkol Arm Rohmadi.

Muhun Nugraha menjelaskan, kerja sama dengan Pemkot Magelang berfokus pada penyertifikasian tanah yang belum bersertifikat.

Menurutnya, sisa 1 persen tanah yang belum tersertifikasi tersebut karena beberapa faktor. Mayoritas karena lahan itu masih bersengketa atau tanah yang belum diketahui status haknya. Hal itu menjadi persoalan yang harus diselesaikan.

“Oleh sebab itu, melalui kerja sama ini diharapkan proses pendaftaran tanah lebih mudah dan lengkap. Kita berupaya maksimal dan Pemkot Magelang dalam menyiapkan dokumen yang diperlukan,” kata Muhun.

Dandim 0705/Magelang Letkol Arm Rohmadi menambahkan, sebagaimana tugas TNI yang siap membantu pembangunan Pemerintah Daerah, pihaknya akan membantu memperbaiki rumah tak layak huni di wilayah Kota Magelang.

“Sasaran kami rumah yang perlu direhab sehingga menjadi rumah layak huni. Dengan potensi kami yang ada akan kami wujudkan sebaik-baiknya, memberikan manfaat bagi masyarakat,” imbuh Rohmadi.

Sementara itu, Walikota Magelang dr Muchamad Nur Aziz menyambut baik kerja sama ini, karena ada sinergi yang bertujuan membantu kemaslahatan masyarakat luas.
“Kami harapkan dengan MoU ini dengan BPN proses sertifikasi tanah berjalan lancar. Sertifikat itu penting, kami bersyukur ada progresnya,” ujarnya.

Demikian juga kerja sama yang ditempuh dengan jajaran Dandim 0705/Magelang, kata dia, akan mampu membantu pembangunan di Kota magelang.

“Masih banyak rumah yang belum layak huni. Dandim sangat membantu mewujudkan rumah layak huni untuk masyarakat. Ini pengabdian TNI yang luar biasa,” jelasnya. (wid)