8.787 KK di Kota Magelang Terima Bansos Rp600.000

BANSOS. Kantor POS masih menjadi penyalur bantuan sosial tunai di Kota Magelang.(foto : IST/magelang ekspres)
BANSOS. Kantor POS masih menjadi penyalur bantuan sosial tunai di Kota Magelang.(foto : IST/magelang ekspres)

KOTA MAGELANG, MAGELANGEKSPRES.COM Bantuan sosial (bansos) berupa bantuan pangan non tunai (BPNT) termin pertama di Kota Magelang sudah cair. Bantuan tersebut langsung diberikan untuk periode tiga bulan, per bulannya warga menerima bantuan Rp200 ribu, sehingga total yang diterima warga adalah Rp600 ribu.

Bansos kali ini ada yang berbeda dengan sebelumnya yang harus dibelanjakan melalui e-Warong, untuk periode ini dibebaskan belanja di mana saja.

Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Kota Magelang, Bambang Nuryanta mengatakan tahun ini sebanyak 8.787 kepala keluarga (KK) sudah menerima bansos termin pertama. Besarannya, masing-masing Rp600 ribu per tiga bulan.

“Anggaran dari Kementerian Sosial langsung didistribusikan di Kantor POS. Jadi Dinsos di sini tidak menerima bantuan itu, karena langsung disalurkan kepada keluarga penerima manfaat,” jelasnya.

Ia menjelaskan, syarat untuk mengambil bantuan langsung tunai ini cukup membawa KTP dan KK. Masyarakat yang menerima, adalah mereka yang sudah terdaftar di Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) Kementerian Sosial.

Meski sekarang bantuan itu tidak dibatasi untuk membeli kebutuhan pokok saja, tetapi dia berharap uang tunai yang diberikan kepada KPM hendaknya dimanfaatkan untuk membeli bahan pangan kebutuhan sehari-hari. Seperti beras, telur, lauk pauk, buah-buahan, atau bumbu dapur lainnya.

“Masyarakat agar membelanjakan uang tersebut untuk membeli sembako guna mencukupi kebutuhan sehari-hari. Tahan dulu kalau mau beli kebutuhan sekunder atau kebutuhan di luar jenis sembako,” tuturnya. (wid)