6 SMK di Jateng Ikuti Desk II Rintisan PPK- BLUD 2021 di SMKN 3 Magelang

Pembukaan kegiatan Desk II rintisan PPK-BLUD SMK oleh Roberto Agung Nugroho SPd (Ka Subag Program Disdikbud Provinsi Jateng) didampingi Drs Luluk Wibowo SST MT (koordinator)

MAGELANGEKSPRES.COM,MAGELANG – Dalam rangka melaksanakan Permendagri Nomor 79 tahun 2018 tentang Badan Layanan Umum Daerah ( BLUD), Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Jawa Tengah menyelenggarakan Desk Tahap II Persiapan Rintisan SMK Negeri PPK-BLUD Provinsi Jawa Tengah pada tanggal 17-19 Maret 2021 di ruang Citra Meeting Lt 2 Edu Hotel Citra di SMK Negeri 3 Magelang.

Acara Desk Tahap II Persiapan Rintisan SMK Negeri PPK-BLUD Provinsi Jawa Tengah merupakan kelanjutan dari Desk Tahap I, yang telah dilaksanakan pada tanggal 2 Desember 2020 di SMK Negeri 10 Semarang.

Acara tersebut dibuka oleh Roberto Agung Nugroho SPd, selaku Kepala Sub Bagian Program Disdikbud. Ia menjelaskan bahwa dalam persaingan global sekarang ini SMK  dituntut untuk meningkatkan kompetensinya baik peserta didik, pendidik, maupun keunggulan yang lain.

“Dengan SMK BLUD akan membawa banyak manfaat di antaranya, pengelolaan keuangan lebih fleksibel, peningkatan kualitas sumber daya manusia baik dari guru maupun siswanya karena ada praktik secara nyata seperti industri di lapangan, peningkatan saran prasarana, dan peningkatan kinerja pendidik dan tenaga kependidikan,“ ujarnya.

Drs Luluk Wibowo SST MT selaku koordinator menyampaikan kegiatan Desk II ini diisi dengan diskusi tentang kendala atau masalah-masalah dalam menindaklanjuti hasil Desk I , kerja kelompok, pemaparan hasil kerja kelompok dan menanggapi hasil paparan. Peserta dibagi dalam 6 kelompok kerja.

Kegiatan di atas diikuti 36 peserta dari 6 SMK Negeri di Jawa Tengah. Mereka adalah Drs Agus Triyanto MSi (Kepala SMK Negeri 11 Semarang), Imam Syafi’I STP (Kepala SMK Negeri 1 Bawen- Kabupaten Semarang), Drs Bagong Hardjono (Kepala SMK Negeri 1 Blora – Kabupaten Blora), Sri Ekawati SST (Kepala SMK Negeri 8 Surakarta – Kota Surakarta), Dra Widiastuti MPd (SMK Negeri 1 Bawang – Kabupaten Banjarnegara), dan Mila Yustiana SPd MMPar (Plt Kepala SMK Negeri 3 Magelang – Kota Magelang), bersama 5 orang guru anggota tim persiapan rintisan SMK BLUD dari masing-masing sekolah.

Artikel Menarik Lainnya :  Gelar FGD, DPRD Purworejo Siapkan Raperda FPP

Pada masa pandemi ini Edu Hotel Citra melaksanakan kegiatan dengan mematuhi protokol kesehatan di antaranya semua peserta dan petugas wajib mengenakan masker. Saat kedatangan tamu diperiksa suhu tubuh dengan thermo gun, di beberapa tempat tersedia hand sanitizer, kursi dan meja disemprot dengan cairan antiseptik baik sebelum digunakan maupun setelah digunakan dan saat registrasi semua tamu mendapatkan nomor kursi di Citra Meeting Room yang berlaku selama kegiatan berlangsung.

Hal tersebut sebelum acara dimulai dilakukan penjelasan “Safety Briefing” oleh Bella Gita Dewanti selaku Staff Room Division Eduhotel Citra.

Untuk  menyemarakkan acara di atas, semua kompetensi keahlian di  SMK Negeri 3 Magelang  ikut ambil bagian, di antaranya penyediaan  konsumsi baik untuk makan maupun kudapan dilakukan kompetensi  keahlian tata boga. Kompetensi keahlian kecantikan kulit dan rambut dengan pelayan Edu Salon Citra membuka stand massage elektrik  untuk tamu yang menginap. Tata Busana menggelar display produk unggulan d’jelipat untuk lebih mempercantik berbagai ruangan di hotel, banyak para peserta yang berminat membeli kain d’jelipar tersebut. Dokumentasikan kegiatan yang meliputi foto, video, sound system, teknisi dan operator dilakukan peserta didik dari kompetensi keahlian multimedia. Eduhotel Citra memberikan pelayanan yang maksimal dengan memberdayakan peserta didik kompetensi keahlian perhotelan untuk mempraktikan semua ilmu yang telah diperolehnya. (adv/tim jurnalistik skaniga/umi)