58 Warga di Purworejo Dapat Bantuan Sambung Listrik Gratis, Ternyata Karena Alasan Ini

NYALAKAN LISTRIK. PLN UP3 Magelang menyerahkan bantuan program sambung listrik gratis secara simbolis dengan penyalaan listrik di rumah salah satu penerima bantuan di Kelurahan Keseneng Kecamatan Purworejo, kemarin. (foto: eko sutopo/purworejo ekspres)
NYALAKAN LISTRIK. PLN UP3 Magelang menyerahkan bantuan program sambung listrik gratis secara simbolis dengan penyalaan listrik di rumah salah satu penerima bantuan di Kelurahan Keseneng Kecamatan Purworejo, kemarin. (foto: eko sutopo/purworejo ekspres)

PURWOREJO, MAGELANGEKSPRES.COM – Sebanyak 58 warga di Kabupaten Purworejo mendapatkan program bantuan penyambungan listrik gratis dari PT PLN UP3 Magelang.
Penyerahan bantuan secara simbolis ditandai dengan penyalaan listrik di rumah salah satu keluarga penerima bantuan, Hendro Prasetyo (32), warga RT 3 RW 1 Kelurahan Keseneng Kecamatan Purworejo, Kamis (19/5).

Penyalaan listrik dilakukan oleh Bupati Purworejo yang diwakili Asisten II Bidang Ekonomi dan Pembangunan Setda, Drs Boedi Hardjono, bersama Manajer PT PLN UP3 Magelang, Ir Yunarsih MT, serta Manajer PLN ULP Purworejo, Zesyar Erlinda.

Yunarsih menyebut, bantuan penyambungan listrik gratis merupakan bagian dari program PLN Peduli yang memanfaatkan dana CSR.

Menurutnya, di Kabupaten Purworejo ada sebanyak 58 penerima bantuan atau pelanggan, dari total 150 penerima di wilayah kerja UP3 Magelang.

“Di Purworejo saat ini telah terpasang sebanyak sekitar 46 sambungan baru dan hari ini di rumah Pak Hendro Prasetyo secara simbolis kita serahkan bantuan mewakili total 58 penerima tersebut,” sebutnya.

Adanya program bantuan penyambungan listrik gratis, lanjutnya, bertujuan meringankan beban masyarakat kurang mampu untuk menikmati listrik. Para penerima bantuan diharapkan dapat memanfaatkan listrik secara nyaman dan aman.

Nyaman karena menggunakan listrik milik sendiri dan aman karena terhindar dari sambungan listrik yang tidak standar.

Selain itu, program bantuan kali ini juga bertujuan untuk meningkatkan rasio elektrifikasi di Kabupaten Purworejo.

“Rasio elektrifikasi di Purworejo ini belum 100 persen, kisaran 98 persen terpasang listrik. Makanya kita fokuskan cukup banyak di Purworejo,” ungkapnya.

Lebih lanjut Yunarsih menyampaikan bahwa sasaran penerima bantuan sambungan listrik dengan daya 450 VA merupakan keluarga kurang mampu yang masuk dalam DTKS Kementerian Sosial. Namun, verifikasi dilakukan secara ketat oleh PLN untuk memastikan nama-nama penerima bantuan.

“Ada juga yang melalui usulan dari desa, internal PLN, dan ESDM. Program ESDM juga ada, tapi untuk program kali ini murni dari PLN,”jelasnya.

Bupati Purworejo Agus Bastian SE MM melalui sambutan yang dibacakan oleh Boedi Hardjono menyatakan apresiasinya kepada PLN yang telah memberikan bantuan penyambungan listrik gratis bagi 58 warga di Kabupaten Purworejo. Para penerima bantuan diharapkan dapat memanfaatkan sebaik-baiknya.

“Atas nama Pemkab, kami sangat berterima terhadap bantuan dari PLN untuk yang kesekian kalinya ini. Harapannya program-program PLN bisa berkelanjutan di Kabupaten Purworejo,” katanya.

Diungkapkan, pada era serba listrik ini, ternyata masih ada warga masyarakat yang belum menikmati aliran listrik di rumahnya. Penyebabnya bisa jadi karena memang lokasinya sangat terpencil (remote area) sehingga belum terjangkau jaringan listrik, atau karena kondisi ekonomi yang tidak memungkinkan untuk memasang instalasi listrik dan membayar setiap bulannya.

“Di Purworejo ini masih cukup banyak yang belum pasang listrik. Kami sudah menyampaikan kepada beberapa camat untuk melakukan survei. Nanti kita bisa kolaborasi, tapi kalau tidak bisa dari PLN ya entah seperti apa caranya. Yang penting masyarakat yang betul-betul membutuhkan dapat terlayani dengan baik,” tandasnya.

Sementara itu, Hendro Prasetyo mengaku lega karena rumahnya yang ditinggali bersama sang istri dan dua anaknya kini teraliri listrik. Sebelumnya, selama bertahun-tahun ia harus menyalur listrik milik saudaranya yang berdekatan.

“Sudah lama ingin pasang listrik, tapi belum bisa. Ini saya senang sekali dapat bantuan dari PLN,” ujarnya. (top)