450 Atlet Berebut Juara YIMO 2022 di GOR Djarum Magelang

BADMINTON. GOR Djarum Magelang kembali menjadi tuan rumah YUZU Isotonic Magelang Open (YIMO) 2022, yang merupakan kejuaraan skala nasional. (foto : IST/magelang ekspres)
BADMINTON. GOR Djarum Magelang kembali menjadi tuan rumah YUZU Isotonic Magelang Open (YIMO) 2022, yang merupakan kejuaraan skala nasional. (foto : IST/magelang ekspres)

KOTA MAGELANG, MAGELANGEKSPRES.COM – Lama tak gelar pertandingan, GOR Djarum Kota Magelang kembali dijadikan lokasi gelaran kejuaraan bulutangkis, 12-17 September 2022. Pertandingan bertajuk YUZU Isotonic Magelang Open (YIMO) 2022, merupakan kejuaraan skala nasional yang didukung oleh Bakti Olahraga Djarum Foundation.

Group Brand Head YUZU ISOTONIC, Yose Moriza mengatakan, digelarnya kembali YIMO 2022 bertujuan untuk mengembangkan ekosistem bulutangkis. Selain itu, sebagai wadah bagi para atlet muda unjuk kemampuan di atas lapangan demi memperebutkan gelar juara.

”Sebuah kebanggaan bagi YUZU Isotonic dapat kembali berpartisipasi dalam pengembangan bibit-bibit atlet bulutangkis melalui kejuaraan YUZU Isotonic Magelang Open 2022. Kami berharap kejuaraan ini tidak hanya menjadi ajang unjuk kemampuan namun juga menjadi wahana mengasah bakat dan mental,” kata Yose, Senin (12/9).

Ketua Panitia Pelaksana YUZU Isotonic Magelang Open 2022, Eddy Prayitno mengungkapkan kejuaraan ini dapat menjadi sarana bagi para atlet untuk mengukur kemampuan, serta tolok ukur maupun bahan evaluasi pembinaan yang telah dijalani oleh klub bulutangkis. Diharapkan para atlet muda dapat memanfaatkan ajang ini guna mengukir prestasi sebaik-baiknya.

”Yuzu Isotonic Magelang Open dilaksanakan sebagai salah satu program Pengprov PBSI Jateng untuk mengembangkan pembinaan melalui kompetisi atlet dalam kejuaraan yang kami adakan,” ungkapnya.

YUZU Isotonic Magelang Open 2022 mempertandingkan 11 kategori baik putra dan putri dari tiga kelompok usia yakni U-11, U-13, dan U-15. Untuk kelompok pemula (U-15), akan mempertandingkan lima nomor yakni tunggal putra, tunggal putri, ganda putra, ganda putri dan ganda campuran.

Lalu kelompok anak-anak (U-13) terbagi dalam empat nomor tunggal putra, tunggal putri, ganda putra dan ganda putri. Sedangkan kelompok usia dini (U-11) hanya memainkan nomor tunggal putra dan putri saja.

Kategori dan kelompok usia yang dipertandingkan YIMO 2022 berbeda dengan tahun lalu yang mempertandingkan 24 kategori dari kelompok usia dewasa, taruna (U-19), remaja (U-17), pemula (U-15), anak-anak (U-13) dan usia dini (U-11).

”Untuk tahun ini, kami fokus untuk mempertandingkan kelompok umur dalam kategori pembinaan yang potensial yaitu, U-11, U-13 dan U-15 dimana kategori ini juga dipertandingkan di dua turnamen Sirnas yang merupakan bagian dari kalender PBSI 2022,” ujar Eddy.

Hingga saat ini, total pendaftar mencapai 450 peserta untuk seluruh kategori. Beberapa klub besar pun turut andil dalam turnamen ini antara lain PB Djarum, PB Jaya Raya, PB Nusantara, PB Tangkas, hingga PB PMS Solo. (wid)