4 Jabatan Eselon II Masih Kosong

    Walikota Lantik Puluhan Pejabat Baru
    LANTIK. Walikota Magelang, Sigit Widyonindito melantik para pejabat pratama, administrator, dan pengawas di Pendopo Pengabdian, kemarin.

    //Walikota Lantik Puluhan Pejabat Baru//

    MAGELANG TENGAH – Sejumlah pejabat tinggi pratama, administrator, dan pengawas dilantik Walikota Magelang, Sigit Widyonindito di Pendopo Pengabdian, kompleks Rumah Dinas Walikota, Selasa (19/3). Namun dari sekian yang dilantik, rupanya masih ada jabatan yang belum terisi.

    Sejumlah jabatan strategis eselon II yang belum terisi tersebut antara lain Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip (Disperpusip), Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH), Kepala Dinas Pendudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil), dan Asisten Bidang Ekonomi Pembangunan dan Kesra.

    Kepala DLH sendiri mengalami kekosongan setelah, Mahcbub Yani Arfian dipindah tugas menjadi Staf Ahli Walikota. Sementara ketiga organisasi perangkat daerah (OPD) yang belum terisi pimpinan sebelumnya purna tugas.

    Menanggapi kekosongan ini, Walikota Magelang, Sigit Widyonindito mengatakan segera menginstruksikan Badan Pertimbangan Jabatan dan Kepangkatan (Baperjakat) untuk segera melakukan seleksi. Tentunya, ia meminta agar proses pengisian jabatan itu tetap mengacu pada aturan yang ada.

    “Masalah mekanisme baik melalui sistem lelang atau tidak, ia menyebut akan dirumuskan di Baperjakat. Tidak semua harus diurus Walikota kan,” kata Sigit kepada wartawan seusai melantik puluhan pejabat itu.

    Termasuk kata dia, lelang atau tidak dalam pengisian jabatan akan diserahkan sepenuhnya kepada Baperjakat. Yang terpenting, Sigit berpesan jika ada kandidat yang memang mampu dan kompeten, untuk segera mengisi kekosongan. “Kalau memang calonnya kompeten, kenapa tidak,” ujarnya.

    Sigit juga meminta kepada pejabat yang baru dilantik untuk segera menyiapkan inovasi dan kreasi baru sesuai tugas pokok dan fungsinya masing-masing. “Zaman terus berubah secara dinamis. Sebagai pejabat dituntut inovatif dan kreatif dalam mengikuti perubahan jaman itu,” ujarnya.

    Ia menegaskan, pejabat tidak hanya menjalankan rutinitas saja, tapi harus mengeksplorasi diri agar lebih berkembang. Wawasan pun diminta terus diperluas dan kemampuan diri perlu dikembangkan.

    Artikel Menarik Lainnya :  Melongok Gerak Kereta Api Menerobos Pandemi

    “Jangan itu-itu saja, tidak hanya rutin-rutin saja, tapi harus inovatif dan dinamis. Secara umum, para pejabat di lingkup Pemkot Magelang sudah baik inovasi dan kreasinya. Tinggal bagaimana terus dikembangkan,” katanya didampingi wakilnya, Windarti Agustina dan Sekda Joko Budiyono.

    Tidak hanya itu, para pejabat baru diminta tidak terlalu lama menyesuaikan diri dengan tugas pokok dan fungsinya masing-masing. Ia pun yakin, mereka lebih cepat yang diharapkan dalam penyesuaian diri.

    “Utamanya Badan Kesbangpol harus segera koordinasi dengan para stakeholder, karena mendekati gelaran Pilpres dan Pileg 2019. Jaga kondusivitas kota,” tandasnya.

    Adapun pejabat tinggi pratama yang dilantik antara lain Mahbub Yani Arfian sebagai Staf Ahli Walikota, Hamzah sebagai Kepala Badan Kesbangpolinmas, Handini Rahayu sebagai Kepala Disperkim, Otros Trianto sebagai Sekretaris DLH, dan Triyamto Sutrisno sebagai sekretaris DPU PR. (wid)