373 Siswa SMKN 3 Magelang Dilepas Secara Virtual

373 Siswa SMKN 3 Magelang Dilepas Secara Virtual
DILEPAS. Pelepasan Peserta Didik Kelas XII melalui Zoom Meeting dan streaming Youtube smkn3 magelang.

MAGELANGEKSPRES.COM, MAGELANG– SMK Negeri 3 Magelang menggelar acara pelepasan kelas XII secara virtual. Kegiatan dilaksanakan pada Kamis (3/6) bertempat di Ruang B.1.3 (Studio 1) dan B.1.2 (Studio 2). Studio 1 untuk acara seremonial sedangkan untuk Studio 2 untuk acara hiburan dari siswa kelas X.

Kegiatan dilaksanakan dengan menggunakan Zoom meeting dan disiarkan melalui Chanel YouTube smkn 3 magelang live streaming. Acara dimulai pukul 15.30 WIB dan selesai pukul 17.00 WIB.

Kegiatan pelepasan dimulai dari pembukaan, Menyanyikan Lagu Indonesia Raya, Pengumuman Kelulusan Kelas XII, Sambutan Kepala Sekolah Sekaligus Penyerahan Peserta Didik Kelas XII, Sambutan Ketua Komite Sekaligus Penerimaan Peserta Didik Kelas XII, Kata Pamitan Dari Perwakilan Kelas XII Oleh Ketua Osis Periode 2019/2020, Pesan Dan Kesan Dari Perwakilan Kelas X Dan Kelas XI Oleh Ketua Osis Periode 2020.2021, Doa dan Acara Terakhir Penutup.

Kegiatan pelepasan ini dipandu oleh MC dari kelas X yaitu Restu Mahendra kelas (X Perhotelan 2) dan Lulu Dliyaul Awliya kelas (X Boga 1). Sedangkan untuk pengisi cara hiburan oleh siswa yang mengukuti ekstra musik yaitu Trya Nanada Miftahul  Kelas (X Perhotelan 2) dan Silviana Kartika Sari Kelas (X Busana 2).

Sutji Sadarini SPd selaku Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum mengatakan prestasi itu penting tapi lebih utama kejujuran. Setelah para siswa menuju ke dunia kerja, kedunia pendidikan lebih tinggi atau yang ingin berwirausaha, diimbau untuk tetap menegakkan kejujuran.

“Masukkan ke darah daging kalian tentang budaya kerja. Di dalam dunia kerja budaya kerja sangat diutamakan. Selain itu soft skill juga sangat diutamakan, kalau hard skill dapat dilatih. Peserta didik diharap selalu taat kepada kedua orang tua, selalu melaksakan ibadah sesuai dengan keyakinan. Marilah kita menuju titik awal untuk masa depan yang lebih baik. Persaingan sangat luar biasa yang akan menuntut kalian lebih eksid dan tidak mudah menyerah untuk dapat bersaing dengan orang di luar sana,” ujarnya.

Artikel Menarik Lainnya :  Kemendikbudristek: 117 Ribu Sekolah Sudah Gelar PTM Terbatas

Drs Edi Haryo Suseno selaku Ka Renbang sebagai perwakilan dari Plt. Kepala Sekolah mengatakan selamat dan terima kasih atas upaya yang baik dan tanpa kenal lelah dalam menempuh pendidikan di SMK Negeri 3 Magelang sehingga semua siswa kelas XII dinyatakan berhasil lulus.

“Kami berharap semoga ilmu dan keterampilan dapat dikembangkan lagi sehingga berguna bagi diri sendiri, orang tua, keluarga masarakat dan Dunia Usaha dan Dunia Industri (DUDI),” harapnya

Edi juga menegaskan peserta didik tidak diperkenankan untuk mengadakan perayaan kelulusan yang bersifat negatif seperti konvoi kendaraan, melakukan corat-coret baju atau kegiatan lain yang bersifat mengumpulkan kerumumanan massa. Jika hal tersebut terjadi maka ijazah asli harus diambil oleh orang tua.

Drs Ngaderi Budiyono sekalu ketua komite mengaku bersyukur karena dari 373 peserta didik semua dalam keadaan bahagia, sebab telah lulus dan berhasil atas pertolongan Allah SWT. Pada era seperti ini peserta didik harus mampu berkompetisi. Modal untuk mencapai kesuksesan adalah moralitas, kejujuran, kesabaran, kedisiplinan.

“Ini adalah titik awal untuk menentukan masa depan, maka kembangkan ilmu yang diterima. Orang yang berilmu dapat memanfaatkan pikiran yang jernih untuk kecerdasan emosional. Setelah lulus peserta didik harus bisa menggali kompetensinya dan harus lebih tekun membantu orangtua,” tambahnya.

Kegiatan pelepasan ini hanya menghadirkan 11 siswa perwakilan kelas untuk simbolis penyerahan peserta didik dari sekolah kepada komite. Perwakilan siswa dari kelas XII Perhotelan 1 yaitu Ahilda Nurmaidah, Perwakilan siswa dari kelas XII Perhotelan 2 yaitu Aditya Ibnu Pamungkas, Perwakilan dari kelas XII Tata Boga 1 yaitu Yhossara Ariesta, Perwakilan dari kelas XII Tata Boga 2 Septriyani Olivia, Perwakilan dari kelas XII Tata Boga 3 Avrilia Anggraeni, Perwakilan dari kelas XII Tata Busana 1 yaitu Fitri Arifah, Perwakilan dari kelas XII Tata Busana 2 yaitu Melina Amanda, Perwakilan dari kelas XII Tata Busana 3 yaitu Nafiatul Ilmiah, Perwakilan dari kelas XII Tata Kecantkan 1 yaitu Veronika Dewi Saputri, Perwakilan dari kelas XII Tata Kecantikan 2 Friska Amarta, Perwakilan dari kelas XII Multimedia yaitu Dewi Kurniawati,

Artikel Menarik Lainnya :  Implementasi Link & (Super) Match SMK Pusat Keunggulan

Lulusan tahun ini terdiri dari 5 Kompetensi Keahlian yaitu Kompetensi Keahlian Perhotelan, Kompetensi Keahlian Tata Boga, Kompetensi Keahlian Tata Busana, Kompetensi Keahlian Kecantikan dan Kompetensi Keahlian Multimedia. Kompetensi Keahlian Perhotelan berhasil meluluskan 67 peserta didik, Kompetensi Keahlian Tata Boga berhasil meluluskan 103 peserta didik, Kompetensi Keahlian Tata Busana berhasil meluluskan 104 peserta didik, Kompetensi  Keahlian Tata Kecantikan berhasil meluluskan 68 peserta didik, Kompetensi Keahlian Multimedia berhasil meluluskan 31 peserta didik. Total Sebanyak 373 peserta didik yang telah dinyatakan lulus dan mengikuti pelepasan secara virtual. (adv/tim jurnalistik skaniga/nurul istiqomah)