342 Nakes di Temanggung Gagal Divaksin

Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten Temanggung, Khabib Mualim

MAGELANGEKSPRES.COM,TEMANGGUNG – Vaksinasi Covid-19 tahap pertama di Kabupaten Temanggung disasarkan kepada 3.015 orang. Namun karena sejumlah faktor maka vaksinasi tidak bisa dilakukan sesuai sasaran tersebut.

Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten Temanggung, Khabib Mualim mengatakan, di tahap awal ini Pemerintah Kabupaten Temanggung akan melakukan vaksinasi terhadap tenaga kesehatan dan pendukungnya (nakes), datanya sebanyak 3.015 orang. Hanya saja karena faktor tertentu angka tersebut tidak bisa tercapai.

Dijelaskan, penyebab tidak tercapainya vaksinasi tersebut antara lain ada nakes yang masuk kategori eksklusi atau sedang hamil, bersalin dan menyusui. Kemudian penyintas atau pernah terkonfirmasi positif.

“Sesuai dengan ketentuan dan aturan yang berlaku, mereka yang sedang atau mengalami faktor tersebut tidak layak untuk divaksinasi,”terangnya, Senin (1/2).

Setelah melalui pendataan, nakes yang tidak layak untuk mendapatkan vaksinasi yakni sebanyak 342 orang. Alasannya karena faktor-faktor seperti ada komorbid, penyintas, dan eksklusi.

Namun demikian lanjut Khabib, vaksinasi tahap awal di Kabupaten Temanggung yang menyasar Nakes telah mencapai angka 84,95 persen. Capaian tersebut menempati urutan kelima di antara kabupaten/kota di seluruh Indonesia, dengan capaian tertinggi Kota Pekalongan di angka 91,81 persen.

“Jadi Temanggung, kemarin berdasarkan yang sudah terlaporkan sampai Kementerian Kesehatan ini, sudah di atas 80 persen, tepatnya 84,95 persen. Mudah-mudahan ini bisa menular di masyarakat capaiannya baik, sehingga herd immunity (kekebalan tubuh) bisa tercapai,”terangnya.

Menurutnya, Meskipun angka di lapangan terus bergerak dinamis, namun hingga akhir Januari 2021 posisi Temanggung berada pada urutan kelima nasional. Hal ini diharapkan menjadi pencapaian positif termasuk menjadi stimulus baik bagi vaksinasi selanjutnya hingga di tingkat masyarakat umum.

“Sampai dengan 31 Januari ini yang data yang mendapat e-tiket 2.734 orang, sedangkan yang telah terimunisasi 2.172 orang. Capaian ini menempatkan Temanggung berada di posisi ke-5 nasional. Mudah-mudahan vaksinasi selanjutnya berjalan dengan baik sampai tingkat masyarakat nanti,”katanya.

Artikel Menarik Lainnya :  Kasus Harian Covid-19 Turun 98 Persen, Jangan Lengah Ancaman Gelombang Ketiga

Khabib menambahkan, bagi yang terunda kemarin, pekan depan akan dilakukan vaksinasi lagi. Ini untuk menyempurnakan data, sekaligus melanjutkan vaksinasi lagi.

Guna mencegah penyebaran virus Covid-19, maka harus disiplin dalam 3M yaitu menggunakan masker, menjaga jarak aman dengan orang lain, serta rajin mencucitangan.(set)

#satgascovid19 #ingatpesanibu#pakaimasker #jagajarak#jagajarakhindarikerumunan#cucitangan#cucitanganpakaisabun