34 Pasien Covid-19 Dinyatakan Sembuh, 61 Pasien Positif Masih Dirawat

34 Pasien Covid-19 Dinyatakan Sembuh, 61 Pasien Positif Masih Dirawat
34 Pasien Covid-19 Dinyatakan Sembuh, 61 Pasien Positif Masih Dirawat

MAGELANGEKSPRES.COM,MAGELANG – Jumlah kasus positif Covid-19 di Kota Magelang terus bertambah. Setelah Senin (3/8) ada tambahan 4 kasus, per Kamis (6/8) pukul 12.00 WIB juga bertambah 4 kasus baru, sehingga total komulatif pasien Covid-19 sekarang adalah 61 kasus.

Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Magelang, dr Majid Rohmawanto mengatakan, di sisi lain pasien corona yang sembuh juga bertambah.

Pekan lalu, jumlah pasien yang sembuh sebanyak 29 orang. Saat ini, setidaknya sudah 34 orang pasien positif yang diswab dan hasilnya sudah dua kali negatif, sehingga dinyatakan sembuh.

“Ada tambahan jumlah pasien sembuh. Empat orang di antaranya usai menjalani isolasi di rumah sakit dan sisanya mereka yang menjalani isolasi mandiri, sudah dites dan hasilnya negatif,” kata Majid, kemarin.

Ia menyebutkan, saat ini masih ada 14 pasien positif yang dirawat di rumah sakit. Sedangkan yang menjalani isolasi mandiri masih 8 orang.

Majid menambahkan, pihaknya terus menggelar tracing kontak erat pasien positif di Kelurahan Kedungsari, Kelurahan Kemirirejo, Kelurahan Wates, dan kelurahan lainnya.

“Kita lakukan proses tes swab spesimen kontak erat selama dua hari, tanggal 29 dan 30 Juli. Dari 68 spesimen, dua di antaranya dinyatakan positif,” paparnya.

Selain pasien positif, jumlah pasien dalam pengawasan (PDP) juga bertambah. Berdasarkan laman Covid-19 Kota Magelang, Kamis (6/8) jumlah PDP bertambah 2 kasus sehingga total ada 78 kasus.

Baca juga
Angka Positif Covid Diprediksi Lebih Tinggi

“Rinciannya, kasus baru 2, dirujuk 1 orang, dirawat 5 orang, sembuh 64 orang, dan meninggal dunia 8 orang,” terangnya.

Sementara itu, peta sebaran Covid-19 berdasarkan kelurahan di Kota Magelang, saat ini, Kelurahan Kedungsari masih mendominasi dengan 19 kasus temuan. Selanjutnya Magersari dengan temuan 10 kasus dan Wates dengan 7 kasus.

Artikel Menarik Lainnya :  Ketep Pass Tuan Rumah Lomba Senam Kreasi

Sedangkan yang masih dirawat saat ini, satu pasien berasal dari Rejowinangun Selatan, Kemirirejo satu orang, 11 orang dari Kedungsari, dan satu orang dari Wates. Kemudian, pasien yang menjalani isolasi mandiri di rumah antara lain, Kelurahan Wates sebanyak tiga orang, Kedungsari dua orang, dan Kelurahan Rejowinangun Selatan satu orang.

Untuk data rumah sakit di Kota Magelang, RSUD Tidar merawat pasien positif warga Kota Magelang sebanyak 7 orang ditambah warga luar kota menjadi 13 orang. RST dr Soedjono merawat warga luar Kota Magelang sebanyak 8 orang, RSJ Prof Dr Soerojo merawat empat orang luar Kota Magelang, dan RS Budi Rahayu merawat pasien Covid-19 asal Kota Magelang sebanyak 8 orang.

Dengan demikian, komulatif seluruh pasien Covid-19 yang masih dirawat di semua rumah sakit di Kota Sejuta Bunga sebanyak 33 orang. Lalu, untuk PDP yang masih dirawat secara global di Kota Magelang sebanyak 16 orang. (wid)