3 Agenda Besar Menanti 10 Hari Kerja Plh Walikota

SERTIJAB. Sigit Widyonindito menyerahkan jabatannya untuk sementara kepada Sekda Joko Budiyono sebagai Plh Walikota Magelang di Pendopo Pengabdian, 

MAGELANGEKSPRES.COM,MAGELANG TENGAH – Setelah resmi ditunjuk sebagai Pelaksana Harian (Plh) Walikota Magelang, Joko Budiyono akan fokus terhadap tiga agenda besar dalam kurun waktu 10 hari menjabat.

Pertama, menjalin komunikasi efektif dengan pemangku kepentingan lain, agar pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) mikro berjalan efektif. Kemudian, menyiapkan penyusunan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) 2021-2026, dan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Tahun 2022. Sampai dengan pelantikan walikota dan wakil walikota terpilih.

“Tugas pokok Plh Walikota adalah melaksanakan tugas rutin yang dijalankan oleh Walikota, dan yang harus menjadi fokus kita semua adalah penanganan pandemi Covid-19,” kata Joko usai Serah Terima Jabatan (Sertijab) di Pendopo Pengabdian, Rabu (17/2).

Ia menargetkan selama 10 hari ke depan, ada perkembangan positif terkait penanganan Covid-19. Sebab, lanjutnya, tidak menutup kemungkinan jika PPKM mikro dilakukan secara serius, termasuk meningkatkan peran 3T (tracing, test, treatment) skor indikator epidermiologi di Kota Magelang bisa kembali hijau.

Jika demikian, kata dia, roda perekonomian masyarakat kembali normal. Untuk itu, pihaknya ingin semua unsur mulai Polri, TNI, hingga masyarakat terlibat dalam penanganan Covid-19 di wilayah ini.

“Pelaksanaan masa PPKM di Kota Magelang ini harus benar-benar dipahami oleh seluruh pihak, terutama jajaran Pemkot Magelang, sampai jajaran Lurah se-Kota Magelang. Kita ingin penanganan Covid-19 ini bisa masif lagi,” tuturnya.

Selain itu, ada beberapa tugas prioritas yang akan dikerjakan selama dirinya menjabat sebagai Plh Walikota antara lain, persiapan pelantikan Walikota dan Wakil Walikota terpilih, penyusunan RPJMD 2021-2026, dan RKPD Tahun 2022.

“Nah itu konsentrasi kami saat ini, supaya masa transisi ini lancar,” jelasnya.

Sementara itu, Walikota Magelang periode 2010-2015 dan 2016-2021 Sigit Widyonindito optimis selama masa transisi, Joko Budiyono yang selama ini mendampinginya menjadi Sekretaris Daerah akan menjalankan tugas dengan baik.

Artikel Menarik Lainnya :  Avanza Tabrak Tiga Motor, Tujuh Luka

“Pak Sekda, Pak Joko ini sudah tau yang harus dilakukan. Beliau ini kan basic-nya birokrat, selain itu juga memiliki etos kerja bagus, cepat, dan tegas,” katanya.

Sigit memberikan semangat dan dukungan penuh kepada Joko Budiyono, terutama terkait penanganan Covid-19 di Kota Magelang. Menurutnya, langkah yang sudah diambil selama ini sudah tepat dan benar.

“Pak (Plh) Walikota tidak usah tegang. Selamat melaksanakan tugas Pak Sekda sebagai Plh Walikota Magelang,” kata Sigit. (wid)