29 Sekolah Muhammadiyah di Kota Tegal Siap PTM

TEGAL, MAGELANGEKSPRES.COM – SEBANYAK 29 sekolah Muhammadiyah dari jenjang TK, PAUD, SLB, SD, SMP, SMA, dan SMK di Kota Tegal siap melaksanakan Pembelajaran Tatap Muka (PTM). Demikian disampaikan Ketua Majelis Pendidikan Dasar dan Menengah Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kota Tegal Sihono saat menghadiri Workshop Penguatan Kerja Sama SMK PK di SMK Muhammadiyah 1 Kota Tegal, Jumat (27/8).

“Sekolah-sekolah Muhammadiyah sangat siap. Kami selalu berkomunikasi dengan kepala sekolah dari TK, PAUD, SLB, SMP, SMA, dan SMK,” kata Sihono.

Dikemukakan, PTM menjadi kebutuhan. Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) dirasa menggelisahkan orang tua, terutama orang tua siswa pendidikan dasar. Di mana, pembelajaran yang diberikan justru kebanyakan dikerjakan orang tua. Di samping itu, lazimnya pendidikan yang diberikan kepada peserta didik dimaksudkan tidak hanya memberikan ilmu, tetapi juga membentuk karakter.

Menurut Sihono, pendidikan karakter tidak dapat dilakukan secara daring, namun harus bertatap muka. Imbas dari PJJ terdapat satu sekolah yang terpaksa kehilangan puluhan siswanya. Para siswa mengundurkan diri karena orang tua beranggapan sudah mengeluarkan biaya, tetapi anaknya belajar dari rumah, tidak di sekolah. Padahal, orang tua bekerja dan memiliki kesibukan.

“Sekarang pembelajaran tidak di sekolah, tetapi di rumah. Bagi anak yang orang tuanya bekerja, siapa yang ngopeni?” ungkap Sihono. Akhirnya, sambung Sihono, orang tua yang memilih mengundurkan diri anaknya mengalihkan biaya sekolah yang selama ini diberikan kepada sekolah untuk memanggil guru privat atau baby sitter untuk mengurus anaknya di rumah.

Apabila tidak lekas diselenggarakan PTM, sekolah kerepotan dan dikhawatirkan bisa kehilangan banyak siswa. Lebih dari itu, daripada kucing-kucingan, pembelajaran di sekolah lebih mudah diatur protokol kesehatannya. “Pemerintah menawarkan PTM dengan maksimal 25 persen siswa. Kami mengusulkan PTM 50 persen, dengan sistem shift,” ucap Sihono. (nam)

Artikel Menarik Lainnya :  Turun Level, Pemkot Magelang Siapkan Simulasi PTM dan Tempat Wisata