240 Anak dari Kwarran se Kabupaten Wonosobo Ikut Pesta Siaga Secara Daring, Barung Kuning Putri Selomerto Raih Juara I

PESTA SIAGA. Sebanyak 240 anak pramuka Perwakilan dari Kwartir Ranting se-Wonosobo siaga mengikut pesta siaga secara online atau daring. (foto : agus supriyadi / wonosobo ekspres)
PESTA SIAGA. Sebanyak 240 anak pramuka Perwakilan dari Kwartir Ranting se-Wonosobo siaga mengikut pesta siaga secara online atau daring. (foto : agus supriyadi / wonosobo ekspres)

WONOSOBO, WONOSOBOEKSPRES.COM Sebanyak 240 anak pramuka Perwakilan dari Kwartir Ranting se-Wonosobo siaga mengikut pesta siaga secara online atau daring. Barung merah putra kwartir Ranting Wonosobo dan barung kuning putri kwartir ranting Selomerto berhasil menjadi yang terbaik I pada gelaran Pesta Siaga Kwarcab Wonosobo tahun 2022.

Pesta Siaga yang diikuti oleh Pramuka Siaga, masing-masing Kwartir Ranting mengirimkan 1 Barung Putra dan 1 Barung Putri sejumlah 16 anak, sehingga jumlahnya keseluruhan 240 anak Pramuka Siaga.

Kegiatan pesta siaga tahun ini dilaksanakan secara Daring melalui aplikasi Zoom, dengan materi dibagi dalam 6 kelompok kegiatan yaitu Kegiatan Umum. Kegiatan Spiritual. Kegiatan Patriotisme. Kegiatan sosial. Kegiatan intelektual dan Kegiatan fisik.

Berhasil menjadi yang terbaik adalah untuk putra terbaik I barung merah Kwarran Wonosobo. Terbaik II barung biru kwarran selomerto. Terbaik III barung merah kwarran kejajar. Terbaik IV barung hijau kwarran sukoharjo. Terbaik V barung merah kwarran leksono. Terbaik VI barung biru kwarran kalibawang.

Untuk putri terbaik I barung kuning kwarran selomerto. Terbaik II barung merah kwarran kertek. Terbaik III barung hijau kwarran wadaslintang. Terbaik IV barung merah kwarran Garung Terbaik V barung merah kwaran Mojotengah. Terbaik VI barung biru kwarran Wonosobo.

Untuk peserta terbaik I Putra dan Putri Tingkat Kwarcab Wonosobo akan diikutsertakan dalam Pesta Siaga Binwil Kedu yang dilaksanakan pada tanggal 14 Mei 2022. Yang tahun ini dilaksanakan di Kabupaten Wonosobo.

Bunda siaga, Bunda Dyah Retno Sulistyowati selaku Pembina Upacara menyampaikan bahwa Gerakan Pramuka sebagai lembaga pendidikan non-formal menjadi penting, dalam perannya sebagai sebagai ruang untuk membentuk generasi penerus bangsa, menjadi generasi yang siap menghadapi era yang penuh dengan tantangan, generasi yang memiliki kepribadian, yang beriman, bertakwa, berakhlak mulia, berjiwa patriotik, taat hukum, disiplin serta menjunjung tinggi nilai-nilai luhur bangsa.

“masa depan suatu bangsa sangat ditentukan oleh kualitas generasi penerusnya. Untuk menjadi bangsa yang kuat, maju serta mandiri dalam segala bidang dibutuhkan generasi penerus yang unggul baik jasmani-rohani maupun intelektual,” katanya.

Tidak terkecuali dalam penguasaan teknologi dan perkembangan ilmu pengetahuan masa kini, yang kita ketahui bersama telah berkembang dengan pesat. Namun demikian, pembentukan budi pekerti dan karakter tidak dapat kita kesampingkan, sebagai pondasi utama anak untuk tumbuh sebagai generasi unggul.

“ Anak-anak yang terpilih untuk mewakili Kwartir Ranting masing-masing adalah yang terbaik untuk itu ekspresikan diri semaksimal mungkin, mudah-mudahan inilah yang akan membawa a menuju kemenangan. kedepankan nilai-nilai kejujuran, sportivitas, keadilan, dan kerjasama tim. Menang dan kalah adalah bumbu dalam setiap perlombaan, namun kejujuran dan sportifitas adalah makna inti dari perlombaan tersebut,” ucapnya.

Sementara itu Ka Kwarcab Wonosobo, Muhammad Albar, menyampaikan bahwa kegiatan ini adalah untuk meningkatkan kedisiplinan, pengetahuan, keterampilan, Wawasan kebangsaan, kesadaran berbangsa dan bernegara serta memupuk rasa persatuan dan kesatuan anggota pramuka khususnya peserta didik Pramuka siaga serta memantapkan jatidiri dan pengamalan Dwi Darma Pramuka dalam kehidupan bermasyarakat. (gus)