24 Mahasiswa Perintis Bisnis Dilatih Marketing Digital

MARKETING DIGITAL. Pemanfaatan media sosial bisnis menjadi salah satu alternatif jitu diterapkan di tengah pandemi Covid-19 berdasarkan kajian penelitian FEB UNIMMA sekaligus untuk menurunkan risiko penularan virus corona.
MARKETING DIGITAL. Pemanfaatan media sosial bisnis menjadi salah satu alternatif jitu diterapkan di tengah pandemi Covid-19 berdasarkan kajian penelitian FEB UNIMMA sekaligus untuk menurunkan risiko penularan virus corona.

MAGELANGEKSPRES.COM,MAGELANG – Sebanyak 24 tenant yang merupakan mahasiswa perintis bisnis Universitas Muhammadiyah Magelang (UNIMMA) dilatih pelatihan digital marketing sosial media belum lama ini. Pelatihan ini termasuk dalam program pengembangan kewirausahaan (PPK) Fakultas Ekonomi dan Bisnis UNIMMA.

Ketua Tim Pengusul Mulato Santosa SE MSc mengatakan, tujuan diselenggarakan kegiatan ini yakni memberikan solusi perintis usaha untuk bertahan di tengah pandemi Covid-19.

Ia menilai bahwa penerapan digital marketing, menjadi solusi tepat sekaligus menurunkan angka risiko penularan karena minim kontak langsung antara produsen dengan konsumennya.

“Dengan digital marketing melalui sosial media maka kontak antara produsen dengan konsumen bisa dimaksimalkan, sehingga konsumen tidak takut untuk melaksanakan transaksi,” katanya.

Menurut Mulato, dengan penerapan berbasis informasi teknologi ini, produsen dan konsumen juga banyak mendapat keuntungan, terutama di tengah pandemi ini karena bisa memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

“Antara produsen dan konsumen tak perlu kontak fisik langsung sehingga bisa menurunkan risiko penularan Covid-19, tetapi tanpa mengurangi jumlah transaksi jual beli itu sendiri,” papar dia.

Mulato juga menyampaikan penggunaan tepat platform digital marketing, seperti WhatsApp Business, Instagram Business, Google Business, dan Facebook Business. Optimalisasi media sosial bisnis ini, katanya, akan mudah terkoneksi dengan khalayak atau konsumen.

Baca Juga
Berpotensi Lebih Dahsyat, Gelombang Kedua Covid-19 di Wonosobo

“Ini memungkinkan otomatisasi semua proses bisnis yang diawali pemasaran dan promosi, kemudian penerimaan pesanan atau order, transaksi/pembayaran, dan terakhir adalah pengiriman produk. Dengan demikian proses bisnis akan lebih efektif dan efisien,” ujarnya.

Pelatihan ini, lanjutnya, merupakan salah satu rangkaian program yang dilaksanakan PPK FEB UNIMMA pada tahun kedua. PPK ini pula menjadi salah satu program perguruan tinggi swasta di Magelang ini yang mendapatkan pendanaan dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) RI. Tak tanggung-tanggung pendanaan yang digelontorkan berlangsung hingga tiga tahun ke depan.

Artikel Menarik Lainnya :  Patuhi Inmendagri 62, Walikota Cegah Varian Botswana Masuk Magelang

“Tujuan dari PPK UNIMMA ini sendiri adalah melahirkan wirausaha muda yang sukses. Artinya kita berupaya sukses dengan sikap perilaku mulai seperti kerja keras, pantang menyerah, jujur, berkomunikasi dengan baik, dan tulus terhadap konsumen,” tuturnya. (wid)