21 Anggota Pramuka Dewasa di Purworejo Dapat Penghargaan

PENYEMATAN. Ketua Kwarcab Pramuka Purworejo menyematkan tanda penghargaan bagi pramuka dewasa dalam Upacara Peringatan HUT ke-59 Pramuka di Sanggar Bhakti Pramuka Purworejo, 
PENYEMATAN. Ketua Kwarcab Pramuka Purworejo menyematkan tanda penghargaan bagi pramuka dewasa dalam Upacara Peringatan HUT ke-59 Pramuka di Sanggar Bhakti Pramuka Purworejo, 

MAGELANGEKSPRES.COM,PURWOREJO- Sebanyak 21 orang Anggota Pramuka Dewasa Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Kabupaten Purworejo menerima Penghargaan Lencana Darma Bhakti Tahun 2020 dan Penghargaan Lencana Panca Warsa. Penyematan tanda penghargaan tersebut dilakukan oleh Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Purworejo, Drs Pram Prasetyo Achmad MM, dalam Upacara Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-59 Pramuka Tahun 2020, di Sanggar Bhakti Pramuka Purworejo, Jumat (14/8).

Penerima Penghargaan Lencana Darma Bhakti dari Kwarnas sebanyak 2 orang dan penerima penghargaan Lencana Panca Warsa dari Kwarda Jawa Tengah sebanyak 19 orang. Lencana Dharma Bakti adalah penghargaan bagi anggota Pramuka dengan minimal mengabdikan 20 tahun. Sementara penghargaan Panca warsa adalah penghargaan yang diberikan kepada anggota pramuka yang pengabdian dirinya selama kelipatan 5 tahun.

Pram Prasetyo dalam sambutannya membacakan amanat Ketua Kwarnas Pramuka, Komjen Pol (Purn) Budi Waseso, menyampaikan bahwa jumlah anggota Gerakan Pramuka di Indonesia saat ini diperkirakan mencapai 25 juta orang. Hal ini merupakan yang terbesar di antara organisasi kepramukaan di seluruh dunia yang jumlahnya sebanyak 54 juta orang.

Baca Juga
Gugatan Calon Perseorangan Pilkada Purworejo Ditolak Bawaslu

“Jumlah besar ini merupakan potensi yang sangat bermanfaat apabila dapat dimaksimalkan pembinaannya. karenanya, bantuan pemerintah dan semua pihak sangat diharapkan, agar Gerakan Pramuka dapat semakin berkembang untuk menjadi bagian penting dalam mewujudkan Negara Kesatuan Republik Indonesia yang adil dan sejahtera,” katanya.

Menurutnya, sesuai tema HUT ke-59 Pramuka, penanggulangan bencana dan bela negara menjadi dasar kegiatan bagi Kwarcab Pramuka Purworejo. Kwarcab juga telah mengembalikan dana hibah kegiatan Pramuka ke pemerintah. Dari alokasi yang diterima sebesar Rp600 juta, dikembalikan Rp267 juta untuk membantu penanganan Covid-19 di Purworejo.

Artikel Menarik Lainnya :  Mayat Mengapung di Kali Bogowonto Gegerkan Warga Dua Desa di Purworejo

“Di masa pandemi ini, ada beberapa kegiatan yang mengarah kesana. Kiprah Kwarcab Pramuka Purworejo diantaranya dengan membantu kegiatan pemerintah atau kelompok atau lainya,” sebutnya.

Wakil Ketua Bidang Pembinaan Anggota Dewasa Kwarcab Pramuka Purworejo, Titik Mintarsih MPd, mengungkapkan pencapaian Kwarcab Pramuka Purworejo adalah munculnya saka baru, yakni saka milenial pada  awal tahun 2020. Hasil pencapaiannya jelas, yakni karakter.

“Alhamdulillah generasi pramuka yang milenial ini akan mewujdukan anak yang cerdas sehat dan terampil serta berakhlak mulia serta memahami IT. hHarapan kami adalah IT yang dirintis pramuka adalah IT yang globalisasi serta dapat memfilter apa-apa yang terbaik untuk kemajuan bangsa dan negara,” ungkapnya. (top)