Monitoring Vaksinasi bagi Guru, Bupati Wonosobo: Total Penduduk yang Divaksin Dosis Satu 12 Persen

VAKSIN. Bupati Wonosobo melakukan monitoring terhadap vaksinasi tahap kedua bagi 450 orang guru dan tenaga kependidikan.
VAKSIN. Bupati Wonosobo melakukan monitoring terhadap vaksinasi tahap kedua bagi 450 orang guru dan tenaga kependidikan.

MAGELANGEKSPRES.COM, WONOSOBO – Capaian target vaksin untuk masyarakat Wonosobo baru mencapai 12 persen atau 76.092 orang. Padahal jumlah sasaran sebanyak 688.468 orang. Pemerintah kabupaten akan  terus melakukan akselerasi terhadap program tersebut.

“Total penduduk yang sudah divaksinasi dosis satu sebanyak 76.092 orang  atau 12% persen. Dan untuk dosis dua sebanyak 39.598 orang atau 6%.  Sementara jumlah sasaran sebanyak 688.468 orang,” ungkap Kabid P2P Dinas Kesehatan Wonosobo Dr Jaelan Sulat, ketika memantau pelaksanaan vaksin bagi tenaga kependidikan di gedung Sasana Adipura Kencana, kemarin.

Menurutnya, vaksin tahap pertama untuk tenaga kesehatan sudah mencapai 2.479 orang, prioritas kedua atau lansia sudah mencapai 38.668 orang, pelayanan publik mencapai 24.916 dan masyarakat rentan serta umum 9.865 dan vaksin untuk remaja baru 1 orang.

“Pemerintah Kabupaten Wonosobo tidak melakukan stok. Setiap droping dari Bio Farma  maupun pemerintah provinsi langsung diagendakan pelaksanaanya dan diberikan kepada masyarakat sesuai dengan urutan prioritas,” ucapnya.

Sementara itu, Bupati Wonosobo, Afif Nurhidayat mengajak kepada seluruh masyarakat Wonosobo, agar ikut berperan aktif dalam upaya mengendalikan dan memutus penyebaran Covid 19 ini, dengan tertib dan selalu disiplin menerapkan protokol kesehatan 5 M. Selain itu desinfeksi ruang publik dan lingkungan juga diperlukan untuk menjaga kebersihan serta mengurangi kepadatan virus di lingkungan sekitar.

“Tidak bosan kami mengingatkan, pandemi ini belum usai. KLami minta kepada seluruh masyarakat Wonosobo agar tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan 5M dan mematuhi segala himbauan agar pandemi ini segera usai,” pungkasnya.

Menurutnya, pemantauan kegiatan vaksinasi untuk memberikan semangat kepada petugas dan masyarakat yang sedang divaksin sambil mengetahui sejauh mana perkembangan program ini sudah dilaksanakan, dengan harapan semakin banyak masyarakat yang mendapatkan vaksin, akan menjadi kekuatan ikhtiar bersama dalam upaya memerangi pandemi covid-19 di Kabupaten Wonosobo.

Artikel Menarik Lainnya :  Permintaan Donor Plasma Konvalesen Berseliweran di Medsos

“Pemberian vaksin merupakan salah satu upaya yang dinilai paling efektif untuk mengatasi pandemi Covid-19 yang masih terus berlangsung hingga saat ini. Mari kita kenali lebih jauh tentang vaksinasi sehingga kita lebih yakin tentang pentingnya melakukan vaksinasi covid-19 sebagai upaya pencegahan covid-19,” katanya.

Vaksinasi sendiri adalah pemberian vaksin (antigen) yang dapat merangsang pembentukan imunitas (antibodi) sistem imun di dalam tubuh. Vaksinasi sebagai upaya pencegahan primer yang sangat handal mencegah penyakit yang dapat dicegah dengan vaksinasi. Dengan prosedur vaksinasi yang benar diharapkan akan diperoleh kekebalan yang optimal, penyuntikan yang aman dan Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI) yang minimal. (gus)