Kematian Akibat Covid-19 di Purworejo Tambah 21 Kasus

PENYEKATAN. Petugas gabungan melakukan penyekatan PPKM di sejumlah titik untuk mengurangi mobilitas warga, kemarin. (Foto: eko)
PENYEKATAN. Petugas gabungan melakukan penyekatan PPKM di sejumlah titik untuk mengurangi mobilitas warga, kemarin. (Foto: eko)

MAGELANGEKSPRES.COM, PURWOREJO – Kasus konfirmasi positif Covid-19 di Kabupaten Purworejo terus mengalami tren peningkatan. Penyebarannya kian berbahaya dan perlu diwaspadai mengingat jumlah pasien meninggal dunia (MD) juga terus bertambah.

Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Purworejo, dr Tolkha Amaruddin SpTHT-KL, menginformasikan ada penambahan kasus konfirmasi positif cukup signifikan pada Jumat (16/7), yakni sebanyak 224 orang. Dengan demikian, total akumulasi konfirmasi positif Covid-19 hingga saat ini mencapai 12.032 kasus. Kemudian pasien MD bertambah 21 orang sehingga totalnya sebanyak 488 kasus.

“Jumlah pasien yang dinyatakan sembuh/selesai isolasi bertambah 255 orang,” katanya.

Sementara itu, pasien yang menjalani rawat inap bertambah, menjadi 195 orang. Berikutnya yang masih isolasi mandiri sebanyak 1.081 orang.

“Untuk total swab yang dilakukan sudah 35.546 kali. Hasil swab negatif ada 22.563 dan yang sedang menunggu hasil swab 321 orang,” jelasnya.

Terkait ketersediaan tempat tidur (TT) atau bed occupancy rate (BOR) di rumah sakit (RS) rujukan Covid-19, Tolkha menyebut terus dilakukan penambahan. Berdasarkan data per 16 Juli 2021 pukul 09.00 WIB diketahui, dari total kapasitas 312 TT  di 12 RS, terisi sebanyak 270 unit atau 86,54 persen. “Kosong ada 42 TT,” sebutnya.

Diungkapkan, kasus konfirmasi positif mengalami tren peningkatan dan perlu diwaspadai. Meski sudah ada vaksinasi, Pemkab terus menghimbau kepada masyarakat agar tidak kendur menerapkan Prokes. Disiplin 5M harus dijaga, yakni Mencuci tangan dengan sabun, memakai masker dengan benar, menjaga jarak minimal 1,5 meter, membatasi mobilitas di tempat umum, dan menjauhi kerumunan atau keramaian.

Masyarakat juga diharapkan dapat betul-betul mematuhi aturan PPKM yang sudah disosialisasikan. (top)

Artikel Menarik Lainnya :  PPKM Darurat, Pemkab Magelang Bagi-bagi Paket Sembako pada Warga Berdampak