MPLS Daring, Siswa Tetap Bisa Ekspresikan Bakat

PENDIDIKAN. Sekolah jajaran Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Magelang, rampung gelar MPLS.
PENDIDIKAN. Sekolah jajaran Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Magelang, rampung gelar MPLS.

MAGELANGEKSPRES.COM, MAGELANG – Pelaksanaan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) tahun ajaran baru tahun ini, dilaksanakan secara dalam jaringan (daring). MPLS diselenggarakan selama tiga hari, mulai tanggal 12-14 Juli 2021, untuk PAUD, SD dan SMP.

“Secara daring dirumah masing-masing siswa, dan dibuka secara serentak. Alhamdulillah lancar dalam pelaksanaannya, dilaksanakan dengan prinsip mudah, murah, meriah, massal, dan menyenangkan,” ucap Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Magelang, Aziz Amin Mujahidin.

Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) atau juga dikenal dengan sebutan Masa Orientasi Siswa atau Masa Orientasi Peserta Didik Baru, merupakan sebuah kegiatan yang umum dilaksanakan di sekolah setiap awal tahun ajaran guna menyambut kedatangan para peserta didik baru.

“Tujuannya utk membantu peserta didik beradaptasi dengan lingkungan barunya. Kendati secara daring, namun tetap memberikan kesempatan seluas-luasnya anak mengekspresikan bakat, minat, dan prestasinya,” terang Aziz.

Karena dilaksanakan secara daring, secara teknis pelaksanaan MPLS siswa dirumah didampingi oleh orang tua siswa.

Dengan materi MPLS antara lain, Adaptasi di sekolah yang baru, Belajar efektif di masa pandemi Covid-19, Perilaku hidup bersih dan sehat, Pengembangan Bakat minat siswa (lomba-lomba, bermain dan unjuk prestasi), Penguatan Pendidikan Karakter, Pendidikan anti Napza, Profil Pelajar Pancasila. Dan lain-lain.

“Usai pelaksanaan MPLS, karena masih dalam suasana PPKM maka kegiatan belajar mengajar dilanjutkan optimalisasi pembelajaran jarak jauh, baik daring maupun luring,” tandas Aziz.

Sementara, Kepala Sekolah SMPN 3 Mertoyudan, Siti Hajar, mengatakan, pelaksanaan MPLS berjalan lancar secara daring.

“Dengan jumlah siswa baru sebanyak 192 siswa, dan pelaksanaan MPLS berjalan lancar,” terang Siti Hajar.(cha)

Artikel Menarik Lainnya :  Pelamar CASN di Kabupaten Magelang Capai 11.605 Orang