Presiden Jokowi Lantik 227 Capaja Akmil Secara Virtual

PERWIRA. Ratusan calon perwira remaja Akademi Militer dilantik Presiden RI Joko Widodo secara virtual kemarin.( foto : IST/magelang ekspres)
PERWIRA. Ratusan calon perwira remaja Akademi Militer dilantik Presiden RI Joko Widodo secara virtual kemarin.( foto : IST/magelang ekspres)

MAGELANGEKSPRES.COM, MAGELANG – Sebanyak 227 Calon Perwira Remaja (Capaja) TNI Angkatan Darat (AD) Akademi Militer (Akmil) Magelang dilantik oleh Presiden RI, Joko Widodo secara virtual, Selasa (13/7). Selain di Akmil, upacara virtual juga digelar AAU, AAL, dan Akpol.

Seusai pembacaan surat keputusan, Presiden Jokowi turut membacakan sumpah perwakilan perwira TNI-Polri. Pengambilan sumpah dilakukan sesuai dengan agama masing-masing.

“Bahwa saya akan memimpin anak buah dengan memberi suri teladan membangun karsa serta menuntun pada jalan yang lurus dan benar. Bahwa saya akan rela berkorban jiwa dan raga untuk membela nusa dan bangsa,” kata Jokowi dalam petikan sumpah perwira TNI-Polri.

Kepada mereka yang dilantik dalam upacara Prasetya Perwira, Jokowi berpesan, jika perjalanan baru saja di mulai. Dalam hal ini perjalanan menjadi perwira yang setia dan mengabdi kepada negara dan rakyat.

“Saya tahu untuk sampai pada tahap sekarang ini saudara-saudara telah melampaui prsoses seleksi yang kompetitif dan ketat juga telah melalui gemblengan yang sangat berat. Bukan hanya bertujuan untuk membentuk ketahanan mental kekuatan fisik serta kedisiplinan yang tinggi tapi juga sebagai wujud persatuan dan integrasi antara Taruna Akademi TNI dan Akademi Kepolisian,” jelas Presiden Jokowi.

Pada kesempatan itu, turut diumumkan peraih Adhi Makayasa 2021 dari TNI-Polri. Antara lain, Septian Haryono Pasaribu; Adhi Makayasa dari Akademi Militer, Always Giving Hamonangan Tiris; Adhi Makayasa dari Akademi Angkatan Laut, Abdul Muis; Adhi Makayasa dari Akademi Angkatan Udara, dan Hary Indradjati; Adhi Makayasa dari Akademi Kepolisian.

Untuk diketahui, Adhi Makayasa merupakan penghargaan tahunan kepada lulusan terbaik dari setiap matra TNI dan kepolisian. (wid)

Artikel Menarik Lainnya :  Bank Bapas 69 Buka Display UMKM