Mendesak! Pemerintah Kekurangan 20 Ribu Perawat dan 3 Ribu Dokter

Pemerintah Kekurangan 20 Ribu Perawat dan 3 Ribu Dokter
Pemerintah Kekurangan 20 Ribu Perawat dan 3 Ribu Dokter

MAGELANGEKSPRES.COM, JAKARTA – Kasus harian COVID-19 di Indonesia kian mengganas. Pada Senin (12/7) saja, angkanya meroket 40.427 kasus. Dengan terus bertambahnya COVID-19 , kebutuhan untuk tenaga kesehatan (nakes) juga meningkat.

“Pemerintah memerlukan tambahan dari perawat dan dokter. Kita sudah mengidentifikasi ada kebutuhan sampai 20.000 perawat,” kata Menteri Kesehatan (Menkes), Budi Gunadi Sadikin, dalam konferensi pers virtual, Senin (12/7).

Untuk memenuhi kebutuhan itu, pemerintah akan mengerahkan calon perawat yang sudah lulus uji kompetensi dan di tingkat akhir. “Kita sudah mempersiapkan dan mengidentifikasi tenaga-tenaga perawat yang sudah lulus sekolahnya, sudah lulus juga uji kompetensinya dan masih di tingkat akhir,” tuturnya.

Untuk tenaga dokter, perlu penambahan sekitar 3.000 dokter. Dia mengatakan, untuk memenuhi kebutuhan ini, pemerintah akan mengerahkan calon dokter yang akan menyelesaikan masa internship tahun ini.

“Mengenai dokter kita juga melihat ada gap sekitar 3 ribuan dokter yang harus kita penuhi dengan penambahan kasus ini. Kita juga melihat bahwa dokter-dokter yang akan selesai internship di tahun ini ada sekitar 3.900. Jadi kita juga sudah mempersiapkan dokter-dokter tersebut yang baru lulus internship untuk segera masuk,” terang Budi.

Pemerintah, lanjutnya, akan menambah dosis vaksin untuk tenaga kesehatan. Vaksinasi ketiga untuk tenaga kesehatan, akan dilakukan segera dengan vaksin Moderna.

“Kita menyadari bahwa beberapa perawat dan dokter itu ada yang terkena Covid dan harus isolasi mandiri. Kami sangat prihatin dan akan terus memperhatikan kesehatan perawat, dokter dan bidan. Ini akan dimulai secepat-cepatnya untuk melindungi mereka sebagai salah satu garda terdepan yang harus dilindungi,” pungkas Budi. (rh/fin)

Artikel Menarik Lainnya :  Satpol PP Kota Magelang Belum Temukan Pelanggaran PPKM Fatal