Gelar Tes Antigen Massal, 9 Warga RT 01 Perum Permata Hijau Wonosobo Reaktif

TES. Puskesmas Mojotengah gelar tes antigen massal bagi warga RT 01 RW 10 Perumahan Permata Hijau, Kelurahan Mudal, Mojotengah. Hasilnya 9 orang dinyatakan reaktif.
TES. Puskesmas Mojotengah gelar tes antigen massal bagi warga RT 01 RW 10 Perumahan Permata Hijau, Kelurahan Mudal, Mojotengah. Hasilnya 9 orang dinyatakan reaktif.

MAGELANGEKSPRES.COM,WONOSOBO – Puskesmas Mojotengah gelar tes antigen massal bagi Warga RT 01 RW 10 Perumahan Permata Hijau, Kelurahan Mudal, Mojotengah. Hasilnya 9 orang dinyatakan reaktif.

Tes antigen digelar lantaran sebelumnya ada 11 warga di RT 01 RW 10 Perumahan Permata Hijau yang terkonfirmasi Covid-19. Antusiasme warga untuk mengikuti tes antigen ini juga sebagai bentuk ikhtiar deteksi dini kesehatan secara individu maupun ikhtiar untuk tidak memaparkan.

“Tes ini sebagai bentuk ikhtiar deteksi dini kesehatan. Kami lihat kesadaran warga sangat bagus, mereka secara sukarela mengikuti proses tes tersebut,” ungkap Ketua RT 01, Bangun Setyo yang juga sebagai tenaga kesehatan di RSUD Setjonegoro Wonosobo.

Menurutnya, pelaksanaan tes antigen massal dilakukan oleh Puskesmas Mojotengah setelah sebelumnya  ada warga RT 01 yang terkonfirmasi covid 19 sebanyak 11 orang. Meski sudah ada beberapa warga yang sembuh atau dinyatakan negatif, tapi langkah antisipasi kemudian dilakukan tes secara lebih meluas menyasar seluruh warga.

“Dan dari hasil tes antigen massal yang dilaksanakan ini, ditemukan penambahan kasus 9 positif. Memang dengan penambahan kasus positif ini kita prihatin, tetapi dari satu sisi ini wujud deteksi dini agar kita bisa mengupayakan dengan tata laksana yang semestinya, yang harapannya tidak sampai menyebar lagi. Dari kebanyakan kasus yang ditemukan di RT 01 tanpa gejala, sehingga mereka melakukan isolasi mandiri,” terangnya.

Sementara Ketua RW 10 Perumahan Permata Hijau, Endang Hambali, menyampaikan dengan ditemukannya 11 kasus konfirmasi di RT 01, maka sesuai perintah dan arahan dari Puskesmas Mojotengah dan Lurah Mudal, harus diadakan tes antigen massal untuk mendeteksi warga apakah tertular atau tidak.

“Kami sampaikan ucapan terima kasih dan apresiasi setinggi tingginya untuk warga RT 01 yang sudah mengikuti tes antigen massal ini. Hasil yang didapat pada tes massal ini akan dijadikan dasar penatalaksanaan penanganan lebih lanjut,” katanya.

Artikel Menarik Lainnya :  Bupati Wonosobo Launching Pemasangan EWS di Titik Rawan Longsor

Menurutnya, wilayah perumahan Permata Hijau Sendiri, sudah melaksanakan himbauan dari pemerintah tentang protokol kesehatan, dan warga secara umum sudah mematuhi aturan tersebut. Termasuk masalah kegiatan sosial dibatasi secara ketat.

Tetapi kita tidak akan tahu bagaimana kita tertular covid 19. Oleh karena itu diharapkan kepada warga Permata Hijau untuk lebih meningkatkan lagi protokol kesehatan, baik di lingkungan perumahan maupun di luar, agar kita semua dapat memutus mata rantai penyebaran covid 19,” pungkasnya. (gus)