Pemkot Magelang Buka Labkes Darurat di Kompleks Gelora Sanden

LABKES. Walikota Magelang, dr Muchamad Nur Aziz memerintahkan jajarannya untuk mendirikan Labkes darurat di kompleks Gelora Sanden, melihat antrean membludak di Labkes Jalan Jeruk. (foto : wiwid arif/magelang ekspres)
LABKES. Walikota Magelang, dr Muchamad Nur Aziz memerintahkan jajarannya untuk mendirikan Labkes darurat di kompleks Gelora Sanden, melihat antrean membludak di Labkes Jalan Jeruk. (foto : wiwid arif/magelang ekspres)

MAGELANGEKSPRES.COM, MAGELANGPemkot Magelang memfasilitasi tempat tes swab massal di kompleks Gelora Sanden, Magelang Utara. Fasilitas ini didirikan lantaran banyaknya permintaan tes usap warga, juga sebagai dukungan Satgas Covid-19 Kota Magelang untuk menggencarkan tracing.

Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Kota Magelang, dr Intan Suryahati saat dikonfirmasi menjelaskan bahwa antrean warga untuk menggelar tes usap di Laboratorium Kesehatan (Labkes) di Jalan Jeruk Magelang Utara, seringkali membludak. Karenanya, dibutuhkan lokasi lain yang lebih luas.

”Beberapa waktu terakhir warga yang tes swab di Labkes ramai sekali. Kemarin Rabu (7/7) Pak Wali (Walikota Magelang, dr Muchamad Nur Aziz) mengunjungi Labkes dan melihat langsung ramainya warga yang antre untuk tes swab,” ujarnya saat dihubungi, Kamis (8/7).

Plt Kepala Dinas Kesehatan Kota Magelang itu menuturkan, area Gelora Sanden tempatnya sangat luas, sehingga tidak sampai terjadi kerumunan saat warga antre tes swab. Pihaknya memanfaatkan tenda Kementerian Kesehatan di lokasi tersebut untuk tempat pendaftaran.

”Warga yang antre bisa di tenda Polri. Kemudian untuk pengambilan sampel di area lobi lapangan tenis indoor Moncer Serius. Kebetulan hari ini (kemarin) Pak Wali juga hadir mengunjungi lokasi,” katanya.

 

Pelayanan tes usap di area Sport Center tersebut dibuka pada hari Senin, Rabu, dan Kamis.

Sementara itu, Kepala UPT Gelora Sanden Kota Magelang, Bayu Saputro mengatakan, pihaknya sudah mempersiapkan lokasi ini sejak hari Rabu (7/7). Ia menilai bahwa kawasan Gelora Sanden sangat representatif mencegah penumpukan massa yang hendak menjalani tes usap Covid-19.

”Kami menyiapkan apa yang menjadi kebutuhan Dinas Kesehatan. Kebetulan tenda Kemenkes sudah ada di lokasi sejak adanya RS Darurat di lapangan tenis indoor Moncer Serius. Ada juga tenda dari kepolisian, sehingga kita tinggal menatanya saja sesuai kebutuhan,” jelasnya.

Artikel Menarik Lainnya :  Pemkot Magelang Minta 1.810 Dosis yang Datang hanya 250 Vaksin

Ia menyebutkan, lokasi di area Gelora Sanden memang sangat luas, sehingga tidak sampai terjadi kerumunan jika warga yang melakukan tes swab banyak. Tenda yang ada pun dinilainya sudah mencukupi, karena kuota tiap hari juga dibatasi.

”Kebetulan untuk RS Darurat di dalam lapangan tenis juga sekarang sudah kosong, karena sudah dipindahkan ke RS Budi Rahayu. Jadi, sekarang area lapangan tenis untuk tes swab saja,” pungkasnya. (wid)