PPKM Darurat Kabupaten Magelang, Pasar Rutin Disemprot Disinfektan

PENYEMPROTAN. Relawan dalam pelaksanaan penyemprotan disinfetan pada pasar di wilayah Kecamatan Mertoyudan.
PENYEMPROTAN. Relawan dalam pelaksanaan penyemprotan disinfetan pada pasar di wilayah Kecamatan Mertoyudan.

MAGELANGEKSPRES.COM, MAGELANG – Keberadaan pasar menjadi perhatian Dinas Perdagangan Koperasi (Disdagkop) UKM Kabupaten Magelang dalam upaya pencegahan Covid-19. Dinas terkait melakukan penyemprotan disinfektan rutin di masa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat.

“Penyemprotan disinfektan direncanakan rutin tapi tentunya menyesuaikan dengan situasi dan kondisi. Jadwal sambil jalan, menyesuaikan di masing-masing pasar. Karena ada pasar yang sifatnya harian, maka seminggu dua kali dilakukan penyemprotan disinfektan dan seterusnya,” ucap Kepala Disdagkop UKM Kabupaten Magelang, Basirul Hakim.

Menurut Basirul, pihaknya menangani 17 pasar besar di setiap kecamatan. Adapun untuk pasar yang lebih kecil atau pasar tingkat desa penanganan bawah Dispermades.

“Kita hanya menangani 17 pasar tingkat Kabupaten, yang terletak di tiap kecamatan. Untuk pasar tingkat desa, penanganan masuk di Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (Dispermades),” terang Basirul.

Sementara, Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Magelang, Nanda Cahyadi Pribadi, mengatakan tidak ada pasar yang ditutup.

“Pasar tidak tutup, hanya diminta ada waktu off saat penyemprotan desinfektan. Selain itu juga ada pembatasan waktu supermarket, pasar tradisional, toko kelontong, dan pasar swalayan yang menjual kebutuhan sehari-hari dibatasi jam operasional sampai pukul 20.00 WIB dengan kapasitas pengunjung 50% (lima puluh persen),” papar Nanda.(cha)

Artikel Menarik Lainnya :  PPKM Level 4, Polres Magelang Salurkan Sembako