Demplot Padi Pandan Wangi Kodim 0708 Purworejo Jadi Percontohan

PANEN. Demplot padi jenis pandan wangi milik Kodim 0708 Purworejo hasil kerjasama dengan kelompok tani Desa Bencorejo saat dipanen raya. (Foto lukman)
PANEN. Demplot padi jenis pandan wangi milik Kodim 0708 Purworejo hasil kerjasama dengan kelompok tani Desa Bencorejo saat dipanen raya. (Foto lukman)

MAGELANGEKSPRES.COM, PURWOREJO – Komandan Kodim 0708 Purworejo Letkol Infanteri Lukman Hakim SSos MSi bersama  Forkompincam Banyuurip melaksanakan panen raya padi jenis pandan wangi di lahan demonstration plot (demplot) Kodim dan kelompok tani makmur Desa Bencorejo Kecamatan Banyuurip Kabupaten Purworejo, Senin (5/7).

Demplot yang di lakukan oleh Kodim adalah suatu metode pertanian dengan cara memberikan percontohan kepada petani agar bisa melihat, mempratekkan dan membuktikan terhadap objek yang di demontrasikan sehingga dapat menghasilkan panen yang maksimal dan lebih meningkat dari yang sebelumnya.

Komandan Kodim 0708 Purworejo Letkol Inf Lukman Hakim mengatakan penanaman padi seluas I hektar ini, merupakan bentuk upaya TNI dari satuan kewilayahan  dalam pendampingan tehadap petani untuk mensukseskan program swasembada nasional.

“Kami memberikan dukungan tenaga, penanaman bibit, pemeliharaan hingga panen. Dengan hasil panen ini di harapkan menjadi titik tolak ketahanan pangan di wilayah Kabupaten Purworejo,” ungkapnya,.

Lebih lanjut Dandim menyampaikan hasil dari panen ini adalah  sentra logistik pangan dan apabila terjadi sesuatu seperti bencana alam atau hal hal yang memaksa untuk bergerak memerlukan logistik penyediaan bahan makanan sudah kuat.

“Kita akan gerakkan para gapoktan untuk meningkatkan tanaman padi di sini, untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dan di harapkan Desa Bencorejo ini bisa menjadi lumbung padinya Kabupaten Purworejo,” imbuhnya.

Sementara itu Camat Banyuurip Triwahyuni Wulansari, AP,MAP sangat mengapresiasi atas pendampingan oleh TNI terhadap petani di wilayah Kecamatan Banyuurip kegiatan ini merupakan suatu upaya untuk memberikan semangat dan motivasi kepada petani dalam rangka meningkatkan hasil panen padinya.

“Kedepan kami akan lebih meningkatkan sinergitas lebih solid lagi antara TNI dan masyarakat kususnya kelompok tani sehingga bisa meningkatkan hasil produksi padi terutama di wilayah Banyuurip yang komoditas utamanya adalah padi,” pungkasnya. (luk)

Artikel Menarik Lainnya :  PPKM Darurat, Pemkab Purworejo Padamkan PJU Selama 12 Jam