Atasi Krisis Nakes, PMI Kota Magelang Terjunkan Relawan Bantu Tangani Covid-19

RELAWAN. PMI Kota Magelang menerjunkan sejumlah relawan sebagai gerakan kemanusiaan, untuk mengurangi beban krisis tenaga kesehatan yang terjadi di Kota Magelang, pascalonjakan Covid-19 belakangan ini. (foto : wiwid arif/magelang ekspres)
RELAWAN. PMI Kota Magelang menerjunkan sejumlah relawan sebagai gerakan kemanusiaan, untuk mengurangi beban krisis tenaga kesehatan yang terjadi di Kota Magelang, pascalonjakan Covid-19 belakangan ini. (foto : wiwid arif/magelang ekspres)

MAGELANGEKSPRES.COM, MAGELANGPalang Merah Indonesia (PMI) Kota Magelang menerjunkan puluhan relawan untuk terlibat menangani pasien Covid-19 yang melonjak beberapa hari terakhir. Relawan PMI ini difokuskan untuk menangani pasien orang tanpa gejala (OTG) yang sedang menjalani isolasi terpusat di tiga tempat di Kota Magelang.

”Anggota dari PMI Kota Magelang kami terjunkan untuk membantu tugas kemanusiaan. Mereka merasa terpanggil untuk hadir sebagai relawan penanganan Covid-19. Apalagi di Kota Magelang sekarang ini masih mengalami krisis tenaga kesehatan,” kata Ketua PMI Kota Magelang, Sumartono.

Mantan Inspektur Inspektorat Kota Magelang tersebut menuturkan, para relawan ditempatkan di lokasi isolasi terpusat, meliputi Hotel Borobudur, Hotel Safira, dan Poltekkes Semarang di Magelang Utara.

”Mereka jadi relawan sejak 28 Juni lalu. Intinya, PMI siap untuk membantu tugas-tugas kemanusiaan di tengah lonjakan kasus Covid-19 dan krisis tenaga kesehatan sekarang ini,” jelasnya.

Dalam penugasan para relawan, mereka dibagi tiga shift. Kebijakan ini untuk tetap menjaga imunitas dan kesehatan para relawan.

”Selain menerjunkan relawan, kami juga membantu Pemkot Magelang melaksanakan upaya pencegahan seperti rutinitas penyemprotan disinfektan di fasilitas umum dan kantor-kantor Pemkot Magelang. Termasuk menjemput pasien Covid-19 ataupun non-Covid-19 yang sedang membutuhkan pertolongan ke rumah sakit,” tuturnya.

Dia berharap, masyarakat jangan pernah lelah dan putus asa untuk terus berusaha melawan Covid-19. Selain itu, masyarakat jangan sekali-kali kendor menerapkan 5M dan menjalani kehidupan secara protokol kesehatan dengan ketat.

”Yang tak kalah penting adalah jaga imunitas dan jaga kesehatan. Kita sedang naik-naiknya dan hanya bisa landai dengan kedisiplinan dan kepatuhan masing-masing individu. Apalagi Kota Magelang sekarang sedang melaksanakan PPKM Darurat, sehingga kedisiplinan itu nomor satu,” pungkasnya. (wid)

Artikel Menarik Lainnya :  Humanis, Cara Satpol PP Kota Magelang Tekan Pelanggaran Lewat Pemberian Bantuan