Dikepung Zona Merah, Satpol PP Wonosobo Gencarkan Operasi Masker

NAIK. Meningkatnya kasus covid 19 di sejumlah kabupaten termasuk di Wonosobo.
NAIK. Meningkatnya kasus covid 19 di sejumlah kabupaten termasuk di Wonosobo.

MAGELANGEKSPRES.COM, WONOSOBO – Meningkatnya kasus covid 19 di sejumlah kabupaten termasuk di Wonosobo, Tim Satgas Kabupaten  gencarkan operasi penertiban protokol kesehatan.Pasalnya banyak warga yang masih enggan mengikuti anjuran pemerintah untuk menjalankan protokol kesehatan.

“Virus sudah bermutasi, warga juga juga harus bermutasi lebih kuat jalankan protokol kesehatan. Kita selaku aparat mendorong dan sosialisasi agar patuh protokol kesehatan, gunakan masker,” ungkap Kabid Penegakan Perda, Dinas Satpol PP Linmas, Sunarso, kemarin di sela operasi masker di Kecamatan Garung.

Menurutnya, Kabupaten Wonosobo sudah dikepung oleh kabupaten tetangga yang berstatus sebagai zona merah. Maka, tidak ada cara lain kecuali untuk memperkuat sikap disiplin warga dalam menggunakan masker, jaga jarak dan kurangi berkerumun.

“Beberapa kabupaten covid-19 semakin meningkat sehingga masuk zona merah. Mengantisipasi hal tersebut agar tidak berimbas ke Wonosobo, maka kuncinya ada di tangan warga, sebagai garda terdepan,” katanya.

Menurutnya, operasi penertiban ini dilaksanakan dalam rangka mengajak masyarakat agar selalu mematuhi protokol kesehatan apabila keluar rumah, mengingat saat ini kabupaten yang lain mulai menjadi zona merah.

Sedangkan Wonosobo menjadi singgahan atau lalu lintas dari luar.  Untuk itu masyarakat diharapkan agar disiplin dalam menerapkan 5 M. Peran masyarakat sangatlah penting demi upaya percepatan pemutusan mata rantai covid-19 ini.

“Pihak satgas kecamatan sudah sering melakukan sosialisasi, bahkan hampir setiap ada kesempatan. Untuk itu Tim Satgas Kabupaten melakukan tindakan terhadap warga  yang belum mematuhi protokol kesehatan, “ tandasnya.

Sementara itu, Kapten Inf Robert S selaku Pasi Ops Kodim 0707 mengemukakan, selaku aparat keamanan yang setiap hari melaksanakan operasi merasa prihatin dengan keadaan saat ini. Sebab, banyak orang yang terpapar dan kabupaten lain masuk  zona  merah akan tetapi setiap operasi banyak orang yang ditemukan masih melanggar.

Artikel Menarik Lainnya :  Bupati Wonosobo Minta Revitalisasi Posko Covid Desa

“Untuk itu sebagai aparat kami akan terus mengajak, menghimbau agar masyarakat ikut berperan aktif mematuhi protokol kesehatan. Sebab masyarakatlah yang mempunyai peran penting. Tanpa dukungan masyarakat tidak akan cepat hilang virus covid-19,” katanya.

Menurutnya, keterlibatan TNI-Polri dalam melaksanakan operasi yustisi ini, sebagai bentuk dukungan kepada  pemerintah dalam memutus mata rantai penyebaran virus dengan cara mengingatkan masyarakat agar selalu mematuhi protokol kesehatan dimanapun berada. (gus)