Sederet Aksi Sosial Warnai Hari Bhayangkara ke-75

SOSIAL. Donor Darah menjadi salah satu kegiatan sosial untuk menyambut dan mengisi peringatan Hari Bhayangkara ke-75 di Polres Purworejo, kemarin. (Foto: EKO)
SOSIAL. Donor Darah menjadi salah satu kegiatan sosial untuk menyambut dan mengisi peringatan Hari Bhayangkara ke-75 di Polres Purworejo, kemarin. (Foto: EKO)

MAGELANGEKSPRES.COM, PURWOREJO – Hari Bhayangkara ke-75 Tahun 2021 yang masih dalam situasi pandemi Covid-19 tidak diperingati berlebihan dengan menggelar berbagai acara. Sebaliknya, Polres Purworejo lebih menggiatkan aksi sosial dan kepedulian dalam menyambut dan mengisi Hari Bhayangkara yang diperingati setiap tanggal 1 Juli ini.

Kapolres Purworejo, AKBP Rizal Marito SIK SH MSi, menyebut sedikitnya ada 6 rangkaian kegiatan  yang digelar oleh Polres Purworejo. Masing-masing vaksinasi massal, bakti sosial, donor darah, ziarah, anjangsana, dan upacara virtual. Sederetan kegiatan tersebut sejalan dengan tema Hari Bhayangkara tahun ini, yakni ‘Transformasi Polri yang Presisi Mendukung Percepatan Penanganan Covid-19 untuk Masyarakat Sehat dan Pemulihan Ekonomi Nasional Menuju Indonesia Maju’.

“Rangkaian dimulai pada 24 Juni 2021 lalu,” kata Kapolres, Rabu (30/6).

Dalam kegiatan vaksinasi, terdapat 4.100 penerima vaksin di seluruh Kabupaten Purworejo. Sejumlah 3.000 dosis vaksin dibagi ke 27 Puskesmas yang ada di Kabupaten Purworejo dan sisanya sebanyak 1.100 dosis vaksin disuntikkan di Pendapa Rumah Dinas Wakil Bupati Purworejo.

“Pelaksanaan vaksinasi di pendopo dilakukan secara bergiliran tiap kecamatan agar tidak terjadi kerumunan,” sebutnya.

Disampaikan Kapolres, kegiatan bakti sosial menyasar sejumlah panti asuhan yang ada di Purworejo. Beberapa di antaranya Panti Asuhan Muhammadiyah Purworejo, Panti Rini Bruderan Purworejo, dan Panti Asuhan Tirto Jiwo Loano.

“Kemudian Panti Asuhan Kutoarjo, Panti Asuhan Muhammadiyah Danukusumo Banyuurip, dan Panti Jiwa Mangunrejo Banyuurip,” jelasnya.

Kegiatan selanjutnya, terang Kapolres, adalah kegiatan donor darah yang diikuti oleh 121 anggota Polres Purworejo. Donor darah dipusatkan di Mapolres Purworejo.

“Dilakukan juga ziarah dan tabur bunga di Taman Makam Pahlawan (TMP) Purworejo,” terangnya.

Lebih lanjut diungkapkan, Polres Purworejo juga melakukan kegiatan anjangsana kepada sejumlah anggota yang sakit dan menjadi korban terorisme.

Artikel Menarik Lainnya :  Purworejo Kembali Raih Kabupaten Layak Anak

“Anjangsana dilakukan kepada tiga anggota. Satu anggota korban terorisme dan dua lainnya sakit,” ungkapnya.

Kapolres menambahkan, Hari Bhayangkara tahun ini sengaja diarahkan untuk berbagai kegiatan sosial mengingat situasi pandemi yang belum kondusif. Puncak peringatan hanya akan diisi kegiatan sederhana, yakni upacara peringatan Hari Bhayangkara ke-75 secara virtual.

“Upacara secara virtual di Mapolres Purworejo,” imbuh Kapolres. (top)