Kasus Covid-19 di Kabupaten Magelang Terus Melojak

PENYEMPROTAN. Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Magelang, laksanakan penyemprotan cairan disinfektan di Kantor Dinas Catatan Sipil Kabupaten Magelang.
PENYEMPROTAN. Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Magelang, laksanakan penyemprotan cairan disinfektan di Kantor Dinas Catatan Sipil Kabupaten Magelang.

MAGELANGEKSPRES.COM, MAGELANG – Jumlah pasien terkonfirmasi positif covid-19 di Kabupaten Magelang kembali bertambah. Hal ini setelah pasien terkonfirmasi baru bertambah 85 orang pada Minggu (13/6/2021). Kebanyakan merupakan kontak erat dan klaster keluarga.

“Beberapa minggu ini, jumlah pasien terkonfirmasi baru bertambah cukup banyak. Bahkan ada di beberapa kecamatan, yang jumlah penambahannya sampai melebihi 20 orang. Dari hasil tracking, diketahui jika mereka merupakan kontak erat dan klaster keluarga,” ucap Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Magelang, Nanda Cahyadi Pribadi.

Disampaikan Nanda, dengan penambahan itu menandakan jika pandemi Covid-19 belum berakhir. Karena itu, pihaknya meminta masyarakat untuk menegakkan protokol kesehatan dimanapun berada.

“Pakai masker dimanapun berada, jaga jarak, sering cuci tangan menggunakan sabun, jangan membuat dan menghadiri kerumunan. Pandemi belum berakhir, prokes harus kita tegakkan dimana pun berada,” pintanya.

Sementara penambahan 85 pasien terkonfirmasi baru hari ini, kata Nanda, terbanyak berasal dari Kecamatan Muntilan 25, Mungkid 18, Sawangan 12, dan Mertoyudan 11 orang. Kemudian ada di Kaliangkrik 4, Tegalrejo dan Dukun, masing-masing 3 orang.

“Selain itu juga berasal dari Grabag, Salam dan Tempuran, masing-masing dua orang serta satu orang di Salaman, Kajoran, dan Pakis,” ungkapnya.

Namun demikian, hari ini juga ada penambahan 30 pasien terkonfirmasi baru. Mereka tersebar di lima kecamatan. Terbanyak dari Mertoyudan 17 orang, Kaliangkrik 5, Sawangan 4 dan 2 orang di Muntilan serta Salam.

“Hari ini juga ada tambahan tiga pasien terkonfirmasi meninggal. Dua dari Mertoyudan dan seorang dari Dukun. Dengan tambahan ini, jumlah kumulatif pasien terkonfirmasi diwilayah ini menjadi 10.878 orang. Rinciannya, 472 dalam penyembuhan, 10.074 sembuh dan 332 meninggal,” jelasnya.

Artikel Menarik Lainnya :  Antusiasme Warga Ikuti Vaksinasi Polres Magelang Kota

Sedang untuk pasien suspek, saat ini ada tambahan 5 orang. Mereka berasal dari Mertoyudan, Borobudur, Salam, Srumbung dan Dukun. Namun ada tambahan 6 sembuh dan lima alih status terkonfirmasi. Dua diantaranya berasal dari Mertoyudan dan Muntilan serta seorang dari Dukun.

“Hari ini juga ada tambahan alih status meninggal terkonfirmasi, berasal dari Dukun. Kini jumlah kumulatifnya menjadi 2063 orang. Terdiri dari 39 dirawat, 1730 sembuh, 13 isolasi mandiri dan 281 selesai menjalani isolasi mandiri,” pungkas Nanda.(cha)