227 Taruna tingkat IV Dikenalkan Materi Operasi Militer Perang

LATIHAN. Taruna Tk IV/Sermatutar melaksanakan ujian perwira taruna departemen taktik, kemarin. (foto : IST)
LATIHAN. Taruna Tk IV/Sermatutar melaksanakan ujian perwira taruna departemen taktik, kemarin. (foto : IST)

MAGELANGEKSPRES.COM, MAGELANG – Sebanyak 227 taruna tingkat IV/Sermatutar Akademi Militer (Akmil) Magelang mengikuti ujian perwira taruna departemen taktik (Deptik), kemarin. Pada ujian itu, taruna dikenalkan materi tentang operasi militer perang (OMP) dan operasi militer selain perang (OMSP).

Ketua Penyelenggara Ujian, Kolonel Inf Heri Susanto mengatakan, Kegiatan ujian dimulai pukul 08.00 sampai dengan 16.00 WIB.

Heri yang menjabat sebagai Kadeppengmilum Akmil itu mengatakan bahwa dalam penjabarannya TNI melaksanakan OMP dan OMSP.

“OMP merupakan pengerahan dan penggunaan kekuatan TNI untuk menghadapi ancaman berupa kekuatan militer asing dalam rangka mempertahankan kedaulatan negara,” katanya.

Menurutnya, operasi militer yang telah dilaksanakan di antaranya Operasi Pertahanan Udara Nasional, Siaga Tempur Laut, Siaga Tempur Blok Ambalat, dan PPRC TNI.

Pelaksanaan OMSP, seperti halnya operasi perang, berpegang pada suatu prinsip untuk memudahkan, mempercepat, dan melindungi personel yang dikerahkan. Komandan operasi perlu memahami prinsip-prinsip yang ditetapkan dan menerapkannya dalam operasi secara benar.

Ia menyebut, beberapa prinsip umum dalam pelaksanaan OMSP adalah kejelasan sasaran, kesatuan tindak, keabsahan, keuletan, batasan, dan keselamatan. (wid)

Artikel Menarik Lainnya :  Polres Magelang Kota Kebut Vaksinasi Dosis Dua