Komunitas Penggemar Mobil Hyundai Atoz Lepas Anak Penyu Ke Pantai Goa Cemara

Komunitas Penggemar Mobil Hyundai Atoz Lepas Anak Penyu Ke Pantai Goa Cemara
Peserta kopdar penggemar mobil Hyundai Atoz saat melepas penyu-penyu ke Pantai Goa Cemara.

MAGELANGEKSPRES.COM, BANTUL – Puluhan member komunitas penggemar mobil Hyundai Atoz yang tergabung dalam wadah Atoz Club Indonesia (ACI) melepas ratusan ekor tukik (anak penyu) ke lepas Pantai Goa Cemara Bantul Jogjakarta, belum lama ini.

Aksi sosial ini adalah untuk menjaga kelestarian penyu yang saat ini populasinya berkurang dan supaya tidak semakin punah.

Menariknya, proses pelepasan anak penyu ini dikemas sebagai sebuah kegiatan rekreatif dan edukatif dengan melibatkan istri dan anak-anak peserta. Sebelum pelepasan, peserta diberi penjelasan singkat tentang penyu sekaligus dengan upaya-upaya pelestariannya.

Ketua ACI Chapter Jogjakarta, Ismantoro mengatakan, jika tidak ada upaya pelestarian, maka penyu-penyu ini lama-kelamaan populasinya akan musnah.

”Dengan melepaskannya kembali ke laut, ini sudah menunjukkan keikutsertaan kita dalam menyelamatkan penyu-penyu yang ada di dunia,” katanya.

Pelepasan anak penyu ini menjadi salah satu rangkaian kegiatan kopdar (kopi darat) dalam rangka memperingati HUT ke-9 ACI Chapter Jogjakarta, tahun 2021 ini.

Kegiatan kopdar yang mengusung tema Camping Ketemu Sedulur ini digelar selama dua hari, 5-6 Juni 2021, di Pantai Goa Cemara Bantul. Lebih dari 80 kendaraan Hyundai Atoz merapat ke pantai tersebut. Para peserta bermalam di pinggir pantai, ada yang tidur di dalam tenda, ada juga yang menginap di hotel sekitar pantai.

Tidak hanya melepas tukik, dalam kopdar ini peserta juga melakukan aksi sosial lainnya berupa penanaman pohon cemara di kawasan pantai. Penanaman pohon dilakukan oleh perwakilan dari masing-masing chapter

Selama melangsungkan kegiatan, peserta tidak lupa mematuhi protokol kesehatan. Selain wajib mengenakan masker, cuci tangan dengan air mengalir dan sabun, peserta juga harus menghindari kontak fisik langsung seperti jabat tangan serta harus menjaga jarak dengan sesama peserta.

Artikel Menarik Lainnya :  Kodam Diponegoro dan Polda Jateng All Out Perangi Covid di Kudus

Ketua Panitia Kopdar, Setyantono menambahkan, acara kopdar dihadiri jiga oleh sedulur-sedulur dari chapter lain, seperti chapter Temanggung, Magelang, Jakarta, Bandung, Solo, Ponorogo hingga chapter Bondowoso.

“Tujuan dari kopdar ini adalah untuk lebih mempererat peseduluran antar member,” jelasnya. (imr)