Usai Isi BBM, Angkot Ludes Terbakar

PADAMKAN. Petugas Damkar Temanggung sedang memadamkan kobaran api yang melalap angkot di jalan Suwandi Suwardi Senin pagi. (Foto: dok Damkar Temanggung)
PADAMKAN. Petugas Damkar Temanggung sedang memadamkan kobaran api yang melalap angkot di jalan Suwandi Suwardi Senin pagi. (Foto: dok Damkar Temanggung)

MAGELANGEKSPRES.COM, TEMANGGUNG – Sebuah mobil angkutan kota (angkot) ludes dilalap sijago merah Senin (8/6) pagi kemarin. Sopir angkot mengalami luka bakar ringan dan langsung dirawat oleh tim medis.

“Supir angkot yakni Agus Riyadi mengalami luka bakar pada kedua lengan tangan, beruntung saat itu ambulance langsung datang dan langsung bisa dirawat,” terang Kasi Pemadaman Kebakaran Dinas Satpol PP dan Pemadam Kebakaran Rama Aditia Cahya Senin pagi.

Ia mengatakan, kebakaran yang menimpa angkot jurusan Kedu – Jumo ini terjadi sekitar pukul 06.45 WIB, saat itu kondisi jalan raya cukup ramai, sehingga kebakaran angkot ini sempat membuat arus lalu lintas di jalan Suwandi Suwardi terganggu.

“Seluruh bodi dan isi dari angkot itu ludes terbakar,” katanya.

Dikatakan, berdasarkan keterangan dari supir angkot, sebelum terbakar di Jalan Suwandi Suwardi, angkot warna biru yang dikemudikan oleh Agus Riyadi mengisi bahan bakar minyak (BBM) di SPBU Kowangan.

Kemudian lanjutnya, setelah selesai mengisi BBM, angkot tersebut akan kembali beraktivitas melayani penumpang, namun baru beberapa ratus meter dari SPBU angkot tersebut terbakar.

“Tepatnya didepan salah satu penjual bakso di jalan Suwandi Suwardi angkot itu terbakar,” jelasnya.

Dugaan sementara kata Rama, kebakaran angkot tersebut dipicu dari arus pendek listrik di mobil tersebut. Api kemudian menyambar ke cadangan BBM yang dibawa didalam angkot tersebut.

“Kemungkinan ada kelistrikan di angkot yang mengalami konsleting,” ujarnya.

Ia mengatakan,api dengan cepat membesar dan sulit dipadamkan, apalagi dengan adanya cadangan BBM yang dibawa oleh angkot tersebut.

Menurutnya, untuk memadamkan kobaran api yang menghabiskan angkot itu, damkar menerjunkan satu unit Foam Induktor dan Liquid. Selain itu juga menerjunkan 15 personil dengan dukungan 1 unit armada firetruck, dan 2 armada watersupply dari Mako Temanggung dan Pos Jaga Pringsurat,

Artikel Menarik Lainnya :  Minim Siswa, Tiga SD di Kabupaten Temanggung Bakal Digabung

“Kebakaran minyak efektif di padamkan dengan Foam/Busa dari pada pemadaman menggunakan air,” jelas Rama.

Ia menambahkan, kerugian akibat kebakaran tersbut ditaksir mencapai ratusan juta, dengan  satu unit mobil, sat unit hp, satu dompet dan satu tas berisi dokumen-dokumen trayek habis terbakar. (Set)