Memotret Momen Memorable dengan Quad Camera 64 MP di Redmi Note 10S

Kamera belakang Redmi Note 10S menggunakan konfigurasi empat lensa serta kamera 64 MP

MAGELANGEKSPRES.COM – Dengan banderol harga Rp2 jutaan, Redmi Note 10S mengusung fitur kamera yang sangat mumpuni. Apa keunggulannya?

Redmi Note 10S dipasarkan dalam dua opsi. Yakni Redmi Note 10S (6GB + 64GB) Rp2.899.000 dan Redmi Note 10S (8GB + 128GB) Rp3.299.000.

Selain spesifikasi yang sangat baik di kelasnya seperti layar Super AMOLED 6.43 inci (1080 x 2400 piksel), prosesor Mediatek Helio G95 (12 nm) dan GPU Mali-G76 MC4, serta baterai 5.000 mAh (baterai 33 fast charging), ponsel tersebut juga punya konfigurasi empat kamera yang dapat dioptimalkan.

Rinciannya, ada kamera utama 64 MP, f/1.8, 26 mm (wide), 1/1.97”, dengan PDAF.  Lalu, ada kamera ultrawide 8 MP, f/2.2, 118˚, kamera depth 2 MP, f/2.4 dan kamera macro 2 MP, f/2.4. Adapun kamera selfie-nya memakai 13 MP, f/2.5, (wide).

Kamera 64 MP

Saat ini ada tiga tipe sensor 64 MP di pasar, yakni Samsung, Sony, dan Omnivision. Khusus Redmi Note 10S, menggunakan sensor Omnivision OV64B yang cukup andal.

Apa sebenarnya kelebihan sensor 64 MP? Sebenarnya, teknologi dan cara beroperasi kamera 64 MP, 48 MP, dan 108 MP, cukup mirip.

Kombinasi sensor quad-pixel melebur 4 piksel sekaligus menjadi satu, sehingga bisa merekam lebih banyak cahaya. Pun, berdampak pada dynamic range serta detail yang lebih baik. Dampaknya adalah warna yang lebih menonjol, juga detil obyek tetap terjaga.

Ini akan terasa di pencahayaan rendah, dimana Redmi Note 10S bisa tetap mempertahankan ketajaman obyek yang sangat baik tanpa terlalu banyak noise. Tentu saja, kuncinya ada pada bukaan f/1.8 yang mampu menangkap lebih banyak cahaya.

Opsi kamera “64 MP” harus dipilih secara manual dari menu kamera ponsel yang menggunakan sistem operasi Android 11 dan MIUI 12.5 tersebut. Dalam mode 64 MP, file yang dihasilkan mencapai 16 MB dan sudah mendukung format RAW.

Artikel Menarik Lainnya :  Gandeng LinkAja, BPJAMSOTEK Beri Kemudahan Pendaftaran dan Pembayaran Iuran

Jadi, idealnya fitur ini digunakan untuk momen-momen khusus dan memorable yang memang butuh banyak detail. Misalnya lansekap gunung atau pantai yang cantik.

Fokus otomatis atau Autofocus (AF) di Redmi Note 10S juga terasa cukup gegas. Begitupun kemampuan rekam Full HD video recording-nya juga sangat baik.

Memiliki kamera utama 64MP menjadikan Redmi Note 10S sebagai smartphone yang andal untuk mengambil foto dan merekam video dengan segala skenario.

Fleksibilitas Quad Camera

Tentu saja, kamera 64MP bukan satu-satunya daya tarik sektor kamera Redmi Note 10S. Mengambil foto malam dimudahkan Night mode yang menghasilkan foto dengan warna yang cemerlang. Begitu pun Pro time-lapse bisa mengabadikan transisi dari terang ke gelap.

Kamera ultra-wide angle 8MP dengan dukungan HDR memiliki jarak pandang hingga 118 derajat. Dampaknya, lebih banyak obyek foto yang bisa direkam.

Jika hobi memotret benda-benda kecil, manfaatkan mode kamera super close-up Macro 2 MP yang tersedia. Dan bisa jadi, mode Portrait akan seris sekali digunakan. Sebab, bisa Redmi Note 10S bisa menangkap foto bokeh dengan detail yang sangat baik dan artistik lewat dukungan kinerja AI Camera-nya.

Kesimpulannya, konfigurasi quad camera 64 MP di Redmi Note 10S memberikan ruang berkreasi yang lebar bagi pemiliknya. Mereka bisa memotret foto dengan kualitas dan resolusi tinggi. Juga, dapat memilih mode foto berdasarkan kebutuhan atau situasi. Misalnya night mode, ultra wide angle, macro, portrait, hingga mode 64 MP untuk momen-momen tertentu yang dirasa memorable.(rls)