SMKN 3 Magelang Gelar Karya “Reconstruction” Tata Busana Secara Virtual

Para model memperagakan busana karya siswa kelas XII Tata Busana SMK Negeri 3 Magelang
Para model memperagakan busana karya siswa kelas XII Tata Busana SMK Negeri 3 Magelang

MAGELANGEKSPRES.COM, MAGELANG – Kompetensi Keahlian Tata Busana SMK Negeri 3 Magelang menyelenggarakan acara Gelar Karya yang bertema “Reconstruction” 2021 di Pendopo Bakorwil  jalan Pangeran Diponegoro Kota Magelang, Rabu (19/5).

Acara ini menampilkan karya terbaik oleh siswa kelas XII kompetensi keahlian Tata Busana dengan 106 Outfit dan 22 model. Tema yang diusung dalam gelar karya ini “Recontruction” yang memiliki makna menata ulang sesuatu yang rusak.

Adanya pandemi seperti saat ini tidak menyurutkan kreativitas siswa untuk terus berkarya. Gelar karya tahun ini dilaksanakan dengan cara virtual yang berbeda dari tahun sebelumnya. Masyarakat dapat menikmati gelar karya tahun ini melalui chanel youtube dengan link https://youtu.be/6Out3VkrTSo

Gelar karya tahun ini masih menggunakan produk unggulan kain d’JeLiPat untuk bahan dasar pembuatan busana. Kain ini dipilih untuk ajang mempromosikan produk unggulan SMK Negeri 3 Magelang agar semakin dikenal oleh masyarakat.

Persiapan gelar karya ini melalui 8 tahap, Mendesain, Memilih Bahan, Pengambilan Ukuran, Pembuatan Pola dan Pecah Pola, Cutting, Sewing (proses Menjahit), Penyelesaian (Menghias, Pressing), Fitting. Tahap persiapan tersebut membutuhkan waktu sekitar  1 bulan yang menghasilkan 5 desain yaitu busana kerja, busana muslim, busana pesta, kebaya dan futuristik.

Masing-masing desain memiliki kerumitan yang berbada-beda. Desain yang dibuat oleh siswa tidak terlepas dari bimbingan para guru Kompetansi Keahlian Tata Busana beserta pendampingan dari Dunia Usaha dan Dunia Industri (DUDI).

Wiwid Hosana Wijaya owner Hosana Modda Jogjakarta,Tatok Prihasmanto SSos owner Butik Crisantium Mertoyudan dan Kevin Aribowo owner Studio Omah Tjilik House Of Kebaya Wonosobo.

Penampilan model juga tidak terlepas dari bimbingan dan pelatihan Mas Kevin Syarif. Seluruh model yang ditampilakan dalam gelar karya tersebut diambil dari siswa  Kompetensi Keahlian Tata Busana yang berbakat model dan juga dari alumni yang pernah mengikuti gelar karya sebelumnya.

Artikel Menarik Lainnya :  SMK Negeri 3 Magelang Gelar IHT Kurikulum Merdeka Belajar

Dr.l Nikmah Nurbaity SPd MPd BI selaku Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah VIII Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Jawa Tengah menyampaikan selamat dalam sambutannya untuk SMK Negeri 3 Magelang atas terselenggaranya kegiatan gelar karya siswa Kompetensi Keahlian Tata Busana yang menampilkan 104 karya luar biasa

“Selamat atas kreativitasnya, inovasinya dan karya yang luar biasa tantangan nyata untuk siswa SMK adalah selepas dari SMK ini harus kreatif, inofatif dan berani memulai. Tetap berkarya Tetap berestasi selama pandemi SMK Negeri 3 Magelang,” tambahnya.

Mila Yustiana SPd MMPar selaku Plt Kepala Sekolah mengatakan apresiasi yang setinggi-tingginya untuk siswa kelas XII Kompetensi  Keahlian Tata Busana karena pada hari ini mereka memberikan karya yang terbaik selama tiga tahun mereka menimba ilmu.

“Masa pandemi tidak menghalangi mereka untuk berkarya dan untuk menunjukkan bahawa mereka mampu memberikan karya terbaik, mulai dari memilih bahan, membuat desain, pola sampai membuat busana yang terbaik. Mudah-mudahan karya mereka dapat diterima oleh masyarakat,” tambahnya.

Wiwid Hosana Wijawa selaku DUDI sekaligus juri mengatatakan kriteria penilaian pemenang dalam gelar karya tahun ini mulai dari desain, teknik jahit dan keseluruhan atau total look yang hari ini mereka tampilkan.

Nominasi Pemenang hasil karya terbaik gelar karya pada tahun ini antara lain Busana Muslim Juara 1 Suci Setyaningsih (XII Busana 2), Juara 2 Susan Dwi Anggraeni (XII Busana 3), Juara 3 Sawa Tsabita Az Zahra (XII Busana 1). Pemenang Busana Kebaya Juara 1 Siswa Yulia Putri (XII Busana 1), Juara 2 Fitri Arifah (XII Busana 1), Juara 3 Sari Handayani (XII Busana 3). Pemenang Busana Casual Juara 1 Miranti Cahyaningrum (XII Busana 1), Juara 2 Maftuhaturrohmah Difa Resnia (XII Busana 1), Juara 3 Nisa Fitriani (XII Busana 2). Pemenang Busana Kerja Juara 1 Sherlita Dwi Amanda (XII Busana 1), Juara 2 Melina Amanda (XII Busana 2), Juara 3 Dila Tri Hapsari (XII Busana 3). Pemenang Busana Pesta  Juara 1 Fera Wahyu Rosyani (XII Busana 3), Juara 2 Devia Ananda P (XII Buana 2), Juara 3 Rany Yogi (XII Busana 2). Pemenang Desain Futuristik Juara 1 Jerry Radya Putra (XII Busana 3), Juara 2 Irine Tirta Safira (XII Busana 3), Juara 3 Nanada Frida Pratama (XII Busana 1). (adv/tim jurnalistik skaniga/nurul istiqomah)

Artikel Menarik Lainnya :  SMK Negeri 3 Magelang Gelar IHT Kurikulum Merdeka Belajar