Anggota MPR RI KH Muslich ZA: Pancasila Kunci Eksistensi Bangsa 

PENJELASAN. Anggota MPR RI KH Muslich ZA saat menyampaikan penjelasan
PENJELASAN. Anggota MPR RI KH Muslich ZA saat menyampaikan penjelasan

MAGELANGEKSPRES.COM, MAGELANG – Negara Indonesia beragam entitas budaya, suku, agama, dan golongan. Keberadaan Pancasila sebagai kunci eksistensi bangsa yang tetap bersatu. Demikian ditandaskan Anggota MPR RI KH Muslich Zainal Abidin (ZA).

“Pancasila menjadi ideologi. Keberadaannya dapat menyatukan keberagaman di Indonesia. Menjadi satu kesatuan bangsa Indonesia,” katanya dalam Sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan di Kantor Kelurahan Kebonagung, Tegalrejo, Magelang, Jawa Tengah, Senin (24/5/2021).

Ditandaskan, kegiatan tersebut juga dilakukan untuk memastikan bahwa Pancasila senantiasa hadir pada setiap relung kehidupan ketatanegaraan dan segenap aspek kehidupan masyarakat.

“Meskipun menghadapi berbagai tantangan kebangsaan dan dinamika zaman, Pancasila adalah kunci eksistensi Bangsa Indonesia,” tambah anggota Komisi VIII DPR RI ini.

Selain Pancasila, Empat Pilar Kebangsaan yang lain ada UUD 1945, NKRI, dan Bhineka Tunggal Ika. Sebagai peserta sosialisasinya wali santri Ponpes Darul Istiqomah dan segenap masyarakat di Kecamatan Tegalrejo.

“Pancasila sebagai Ideologi Negara. Pancasila sendiri berasal dari dua kata Sansekerta, yakni Panca yang berarti lima dan sila yang berarti prinsip atau asa. Kelima prinsip tersebut juga tercantum dalam paragraf ke-4 Pembukaan Undang–undang Dasar (UUD) 1945,” lanjutnya.

Sementara itu, UUD 1945 adalah hukum dasar tertulis, konstitusi Pemerintahan Negara Republik Indonesia. Sedangkan NKRI berdiri dari Sabang sampai Merauke. Untuk Bhinneka Tunggal Ika merupakan motto atau semboyan Bangsa Indonesia yang tertulis pada lambang Negara Indonesia, Garuda Pancasila.

Dalam sosialisasi tersebut menerapkan protokol kesehatan (prokes) secara ketat. Seperti memakai masker, mencuci tangan sebelum masuk lokasi, hingga jaga jarak. Pesertanya pun terbatas. (rls)

Artikel Menarik Lainnya :  Polsek Muntilan Tangkap Dua Tersangka dalam Operasi Premanisme