Pengunjung Kolam Renang Artha Tirta Purworejo Membludak

MENGANTRI. Sejumlah pengunjung tampak berkerumun didepan pintu masuk kolam renang Arta Tirta.(Foto lukman)
MENGANTRI. Sejumlah pengunjung tampak berkerumun didepan pintu masuk kolam renang Arta Tirta.(Foto lukman)

MAGELANGEKSPRES.COM, PURWOREJO – Salah satu destinasi wisata andalan Pemkab Purworejo, kolam renang Artha Tirta diserbu pengunjung, Minggu (23/5). Pengelola terpaksa melakukan sistem buka tutup dan melakukan pembatasan di dalam area kolam renang agar protokol kesehatan dapat diterapkan guna mengantisipasi penyebaran virus Covid-19 di lokasi tersebut.

Pantauan Purworejo Ekspres di lokasi, area parkiran tampak penuh dengan kendaraan roda dua. Sementara para pengunjung yang sudah terlanjur dampai lokasi dan tidak diperkenankan masuk terpaksa duduk-duduk di area parkiran dan sekitarnya untuk menunggu giliran masuk.

Karena pembatasan pengunjung itu, masyarakat yang antri diperkenankan masuk saat ada pengunjung dari dalam keluar. Bahkan, karena tingginya antusias, pengelola sempat membubarkan pengunjung yang berkerumun di depan pintu masuk.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Purworejo, Agung Wibowo saat dimintai konfirmasi awak media mengungkapkan, pihaknya membatasi pengunjung di dalam area kolam renang maksimal 100 orang.

“Jumlah pengunjung kolam renang 100 orang masih di bawah 30 persen dari total kapasitas. Kami juga menerapkan protokol kesehatan (prokes),” terang Agung Wibowo.

Agung menambahkan, dirinya turut memantau situasi kolam renang Arta Tirta untuk memastikan protokol kesehatan betul-betul diterapkan untuk mengantisipasi adanya penularan virus Covid-19. Meski diakui sempat terjadi penumpukan pengunjung, namun pengelola segera membubarkan kerumunan itu.

“Termasuk jika terjadi kerumunan, langsung kami tertibkan. Saat mereka antri di depan pintu, kami minta untuk bubar dan datang kembali 1 jam kemudian,” ujarnya.

Marliya (29) salah seorang pengunjung kolam renang yang berasal dari Kecamatan Butuh, mengaku biasa saja dan tidak ada ketakutan saat mengunjungi kolam renang meski pandemi. Dia  sengaja datang jauh-jauh untuk mengantar kedua anaknya berenang. “Kalau saya biasa saja, yang penting tetap menerapkan prokes,” kata ibu dari tiga anak tersebut.

Artikel Menarik Lainnya :  Kasus Korupsi Propedakin Kabupaten Purworejo Memasuki Babak Baru

Eris (30), pengunjung lain yang berasal dari Kecamatan Bener mengatakan, penerapan protokol kesehatan di kolam renang Artha Tirta sudah bagus. Sebelum masuk ke kawasan kolam renang dirinya diminta untuk mencuci tangan terlebih dahulu dan diperiksa suhu badannya.

“Di dalam kawasan kolam renang juga selalu diingatkan oleh petugas agar selalu menerapkan prokes melalui pengeras suara,” katanya. (luk)