Kebakaran Gudang di Parakan Temanggung, 15 Personel Damkar Diterjunkan

PADAMKAN. Petugas Damkar Temanggung sedang berjibaku memadamkan kobaran api Sabtu kemarin. (Foto:Dok Damkar Temanggung)
PADAMKAN. Petugas Damkar Temanggung sedang berjibaku memadamkan kobaran api Sabtu kemarin. (Foto:Dok Damkar Temanggung)

MAGELANGEKSPRES.COM, TEMANGGUNG – Kendati armadanya sempat mengalami mogok, namun pemadam kebakaran berhasil memadamkan kebakaran di gudang milik CV Gunung Sumbing Lestari di Catgawen Kecamatan Parakan dalam waktu kurang lebih satu jam.

“Dua mobil pemadam kebakaran dari Temanggung mogok di tengah jalan, beruntung mobilnyanya dalam kondisi siap, sehingga proses pemadam api bisa berlangsung dengan baik,” kata Rama salah satu petugas pemadam kebakaran yang ikut terjun dalam proses pemadaman api, Sabtu (22/5).

Untuk memadamkan si jago merah yang sudah mulai membesar di gudang tersebut pihaknya menerjunkan 15 personel dengan dukungan tujuh unit armada pemadam kebakaran.

Tujuh unit armada tersebut terdiri dari 3 unit armada Fire Truck, 3 unit watersuplay dan 1 unit mobil pompa. Ke tujuh armada dari Pos Maron, Candiroto dan Pringsurat dan Pos Jaga Candiroto.

“Dengan mengerahkan tujuh unit kendaraan ini, pemadaman api bisa dilakukan dengan maksimal,” terangnya.

Menurutnya, informasi adanya kebakaran di lokasi tersebut diterima sekitar pukul 17.45 WIB, seluruh unit damkar sampai di lokasi pada pukul 18.15 WIB.

“Dengan kerjasama yang baik antara petugas, dan peralatan yang mendukung akhirnya api bisa dipadamkan pada pukul 19.00 wib, selama kurang lebih satu jam,” ujarnya.

Ia menuturkan, berdasarkan informasi dari karyawan di pabrik tersebut, karyawan melihat asap dari cello kemudian timbul api yang mengakibatkan mesin cello terbakar, dan api terus membesar.

Kerugian materil akibat dari kebakaran tersebut diperkirakan mencapai Rp25 juta, sedangkan satu bangunan ruang produksi pabrik dengan tafsiran Rp1 miliar terselamatkan.

“Kebakaran diperkirakan dari gesekan gengrip, tidak ada korban luka-luka maupun meninggal dunia dalam kebakaran tersebut,” tutupnya. (set)