Alhamdulillah, Nenek yang Hilang di Lereng Merapi Ditemukan

Alhamdulillah, Nenek yang Hilang di Lereng Merapi Ditemukan
SURVEVOR. Pencari kayu bakar Simbok Surati (54) warga warga Dusun Malang 04/09 Desa Wonolelo Kecamatan Sawangan Magelang, berhasil ditemukan petugas, setelah hilang dan bertahan hidup lima hari di Hutan Watu Candi.

MAGELANGEKSPRES.COM, SAWANGAN – Surati (54) warga Dusun Malang 04/09 Desa Wonolelo Kecamatan Sawangan Kabupaten Magelang, yang sempat dinyatakan hilang pada Kamis (20/5/2021) dalam aktivitasnya mencari kayu bakar, pada Senin (24/5/2021) sekitar pukul 11.20 WIB berhasil ditemukan.

“Warga tersebut, diduga orang dalam gangguan jiwa (ODGJ). Dan tetap bertahan hidup (survevor) Saat ditanya tidak makan dan minum selama lima hari ini,” ucap Kapolsek Sawangan AKP Tugimin.

Dengan kronologis penemuan warga tersebut, dimulai pada pencarian Team OPSAR dan relawan Dusun Bakalan Desa Klakah Kecamatan Selo Kabupaten Boyolali berangkat melaksanakan penyisiran di wilayah area Taman Nasional Gunung Merapi yang berjarak kurang lebih 3 Km sebelah tenggara Dusun Bakalan, hari Senin (24/5/2021) sekitar pukul 06.30 WIB.

Setibanya di Hutan Watu Candi salah satu anggota melihat seseorang perempuan dengan jarak 20 meter selanjutnya mendatangi perempuan tersebut, untuk ditanyakan namanya, dan ternyata benar namanya Surati.

Kemudian Team melaporkan ke group Team Siaga Desa (TSD) Klakah melalui HT terkait penemuan orang yg di duga hilang, setelah itu Surati di bawa oleh Team turun di Hutan Dengkeng Boyolali lalu diamankan di Balai Desa Klakah.

Setelah survevor berada di Balai Desa Klakah selanjutnya di lakukan pemeriksaan medis dengan hasil pemeriksaan fisik keadaan umum baik tanda-tanda kekerasan fisik tidak ada. Tanda-tanda kekerasan seksual tidak ada.

Pemeriksaan psychologis, komunikasi lancar, respon baik, halusinasi tidak ada, tidak agresif. Keluhan lemas dan sakit pinggang. Tindak lanjut pemberian vitamin,pemberian asupan nutrisi.

“Kondisi survevor orang hilang lemas dan merasakan sakit pinggang, hasil pemeriksaan medis tidak di temukan adanya tanda-tanda kekerasan,” terang AKP Tugimin.

Setelah survevor di temukan selanjutnya petugas melakukan langkah pemeriksaan medis dari Puskesmas Sawangan 1. Penyerahan survevor dari Kades Klakah kepada Kades Wonolelo selanjutnya di serahkan kepada pihak keluarga.

Artikel Menarik Lainnya :  Waspada! Kasus Covid-19 di Kota Magelang Terus Bertambah

“Dengan telah diketemukannya survevor maka team OPSAR di nyatakan selesai dan dibubarkan,” jelas AKP Tugimin.

Operasi pencarian tersebut melibatkan petugas 5 personil Polsek Sawangan, 2 personil Koramil Sawangan, 10 Personil BPBD Kabupaten Magelang. 20 orang LPBD Desa Wonolelo. 50 orang Team Siaga Desa Klakah, serta Warga masyarakat Desa Wonolelo Kecamatan Sawangan dan Desa Klakah Kecamatan Selo Kabupaten Boyolali.(cha).