Sabar, Perbaikan Ruas Jalan Petir-Kuripan Mulai Juni 2021

SESARENGAN. Sarasehan bertema “Sesarengan Ngupakarti Margi”, di Pendopo Rumah Jabatan Bupati, Selasa (18/5)petang.
SESARENGAN. Sarasehan bertema “Sesarengan Ngupakarti Margi”, di Pendopo Rumah Jabatan Bupati, Selasa (18/5)petang.

MAGELANGEKSPRES.COM, WONOSOBO – Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kabupaten Wonosobo menjadwalkan perbaikan ruas jalan mulai dari Desa Petir sampai dengan Desa Kuripan Kecamatan Watumalang bakal dimulai pada awal Juni 2021 mendatang.

Kepastian terkait hal tersebut disampaikan langsung Kepala Dinas PUPR, Nurudin Ardiyanto pada acara Sarasehan bertema “Sesarengan Ngupakarti Margi” di Pendopo Rumah Jabatan Bupati, Selasa (18/5) petang.

Di depan Bupati, Wakil Bupati, Sekretaris Daerah dan sejumlah anggota DPRD dari Daerah Pemilihan Watumalang, Sukoharjo, Leksono serta puluhan relawan peduli bencana dan tokoh masyarakat, pria yang akrab disapa Adin itu menegaskan pihaknya telah lama merencanakan perbaikan ruas jalan di wilayah Watumalang yang rusak parah sejak tahun 2020.

“Anggaran yang kami siapkan untuk perbaikan ruas jalan Binangun-Wonosoroyo pada Tahun 2020 lalu mencapai Rp11 miliar, namun terpaksa hangus karena dialihkan atau direfocusing untuk penanganan pandemi covid-19,” terangnya.

Menurutnya, pada tahun 2021 ini DPU PR, kembali menganggarkan perbaikan maupun pemeliharaan ruas jalan yang sama hingga mencapai Rp5,2 milyar dari Dana Alokasi Khusus (DAK). Sehingga untuk ruas jalan di wilayah Kecamatan Watumalang bisa diperbaiki dalam waktu dekat.

“Khusus untuk ruas jalan di wilayah Watumalang yang bisa kami perbaiki dalam waktu dekat adalah jalur mulai Desa Petir hingga Kuripan, dengan anggaran UPTD Wilayah Sukoharjo – Watumalang – Leksono, sebanyak Rp800 Juta,” ucapnya

Mengingat jumlah terbatas yang mesti dialokasikan pada 3 wilayah kecamatan itulah, Adin menyebut pemeliharaan rutin di ruas jalan mulai Desa Petir hingga Kuripan hanya bisa dibiayai sebesar Rp300 Juta ditambah anggaran reguler sebesar Rp200 Juta. Pun demikian, pihaknya hingga saat ini masih menunggu proses pengadaan barang dan jasa, yang baru akan memunculkan pemenang tender pada tanggal 28 Mei mendatang.

Artikel Menarik Lainnya :  Tak Mau Divaksin, Guru Bakal Disanksi Tegas

“Kami menjadwalkan awal Juni mendatang akan mengerahkan setidaknya 2 alat Bomax atau Slnder kecil dan 3 Waker manual untuk mempercepat proses pekerjaan dan kami targetkan bisa selesai dalam 3 hari,” tegasnya.

Menanggapi kesiapan DPU PR untuk menangani kerusakan jalan di wilayah Watumalang, Bupati Wonosobo Afif Nurhidayat mengaku sangat apresiatif. Diakuinya, kondisi pandemi covid-19 memang membuat upaya perbaikan ruas ruas jalan di sejumlah wilayah di Wonosobo menjadi terhambat.

“Karena itu, kami sangat mengapresiasi adanya inisiatif dari RPB (Relawan Peduli Bencana) wilayah Kecamatan Watumalang yang beberapa waktu lalu bergotong-royong memperbaiki jalan secara swadaya,” katanya.

Pihaknya  mengaku sengaja mengundang seluruh komponen masyarakat hingga para wakil rakyat dari Dapil Sukoharjo-Leksono dan Watumalang untuk turut urun rembug dalam sarasehan bertema bersama-sama merawat jalan tersebut, agar semua pihak dapat berpartisipasi dan sekaligus memahami kondisi yang dihadapi secara nyata.

“Perbaikan jalan yang senantiasa disuarakan masyarakat akan tetap menjadi konsen kami Pemeirntah Kabupaten Wonosobo, termasuk mengajak semua elemen untuk turut berpartisipasi secara aktif, berbagi pekerjaan sesuai porsi nya masing-masing, dengan tetap berada pada koridor serta ketentuan hukum yang berlaku,” tandas Bupati.

Dengan sinergi yang solid seluruh pihak beserta masyarakat, ia meyakini upaya untuk memperbaiki infrastruktur jalan di Kabupaten Wonosobo bakal menemukan formulasi yang tepat dan lebih cepat terwujud. (gus)