Peringati Harkitnas, Petani Purworejo Menyanyikan Lagu Indonesia Raya di Sawah

KHIDMAT. Sejumlah petani khidmat menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia raya di sawah untuk memperingati Harkitnas Tahun 2021, kemarin. (Foto: eko)
KHIDMAT. Sejumlah petani khidmat menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia raya di sawah untuk memperingati Harkitnas Tahun 2021, kemarin. (Foto: eko)

MAGELANGEKSPRES.COM, PURWOREJO – Ajakan Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta, Sri Sultan Hamengkubuwono X, yang diamini oleh Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, agar masyarakat menyanyikan lagu Indonesia Raya pada peringatan Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) 20 Mei 2021, dilaksanakan oleh warga di Kabupaten Purworejo. Tidak hanya para pegawai pemerintahan, warga yang ada di pasar hingga di rumah pun melakukannya.

Bahkan, para petani yang tergabung dalam Kelompok Tani Pangen Makmur di Kelurahan Pangenjurutengah Kecamatan/Kabupaten Purworejo turut menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya, Kamis (20/5) pagi. Mereka kompak menyanyikan lagu Indonesia Raya di tepian sawah di kelurahan setempat, sesaat sebelum melaksanakan aktivitas mengolah sawah. Meski tanpa diiringi alat musik dan hanya dibantu dirigent oleh salah satu pengurus, mereka tetap semangat dan khidmat.

Aksi tesebut langsung mendapat apresiasi dari Kepala Dinas Pertanian, Pangan, Kelautan, dan Perikanan Kabupaten Purworejo, Wasit Diono SSos. Menurutnya, menyanyikan lagu Indonesia Raya secara khidmat itu menjadi wujud tingginya nasionalisme para petani Purworejo. Lebih dari itu, ada semangat yang ditunjukkan para petani untuk bangkit dari situasi pandemi Covid-19.

“Ini menjadi momentum membangkitkan semangat kebangkitan para petani dalam mengelola tanaman, terutama efek dari dampak Covid-19 banyak kelesuhan dari segi perekonomian,” katanya.

Wasit mengungkapkan, pertanian menjadi sektor yang terdampak Covid-19 cukup serius. Kondisi pandemi selama ini mengakibatkan rendahnya permintaan pasar. Lintas pasar terhambat karena ada beberapa daerah lock down dan lain sebagainya.

“Maka perlu untuk memompa semangat kembali untuk pemulihan di sektor ekonomi khususnya sektor pertanian, sebagai wujud dari cinta Bangsa dan Negara ini,” tegasnya. (top)

Artikel Menarik Lainnya :  Kader PKK Kabupaten Purworejo Dilatih Tertib Administrasi