Ditinggal ke Sawah, Dapur Rumah di Purworejo Hangus Terbakar

TERBAKAR. Dapur sebuah rumah warga di Desa Sumberejo Kecamatan Purwodadi ludes terbakar saat ditinggal pemiliknya ke sawah, kemarin.( Foto: eko)
TERBAKAR. Dapur sebuah rumah warga di Desa Sumberejo Kecamatan Purwodadi ludes terbakar saat ditinggal pemiliknya ke sawah, kemarin.( Foto: eko)

MAGELANGEKSPRES.COM, PURWOREJO – Sebuah rumah warga di RT 01 RW 02 Desa Sumberejo Kecamatan Purwodadi Kabupaten Purworejo nyaris ludes terbakar akibat pemiliknya lupa mematikan sisa api tungku saat pergi ke sawah, Rabu (19/5) siang. Beruntung tidak ada korban jiwa dalam kejadian itu dan hanya bagian dapur rumah yang hangus terbakar.

Informasi yang berhasil dihimpun dari Kantor Satpol PP dan Damkar Kabupaten Purworejo menyebutkan bahwa rumah tersebut milik Nur Haryanto (50). Api diperkirakan mulai membakar dapur rumah sekitar pukul 9.30 WIB.

pada Satpol PP dan Damkar Purworejo, Rubino, saat dikonfirmasi menjelaskan, peristiwa itu terjadi pada Rabu siang saat pemilik rumah bernama Nur Haryanto pergi untuk beraktifitas pergi ke sawah.

“Kronologinya yaitu tungku kayu yang belum dimatikan kemudian ditinggal pergi ke sawah oleh pemilik rumah. Ternyata masih ada sisa-sisa arang yang masih menyala dan terkena angin kemudian menyebabkan kebakaran di sekitar dapur,” kata Kasi Damkar, Rubino.

Warga yang mengetahui kejadian itu langsung melakukan upaya pemadaman dengan peralatan seadanya. Seorang perangkat desa juga melapor kejadian tersebut kepada petugas Damkar Purworejo.

Mendapati laporan itu, regu piket menuju ke lokasi untuk melakukan penanganan dan pengecekan lokasi. Petugas mengerahkan satu unit mobil pemadam kebakaran.

Api berhasil dipadamkan oleh warga setempat dengan alat seadanya. Usai dilakukan pendinginan, petugas kemudian kembali ke Mako Damkar,” sebutnya.

“Tidak ada korban jiwa. Pemilik rumah diperkirakan mengalami kerugian lebih kurang Rp15 juta,” ungkapnya. (top)

Artikel Menarik Lainnya :  Kader PKK Kabupaten Purworejo Dilatih Tertib Administrasi