Menkumham Perketat Pintu Masuk Indonesia

Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham) Yasonna Laoly memerintahkan jajarannya khususnya Direktorat Jenderal Imigrasi memperketat prosedur perlintasan orang masuk ke Indonesia ,Senin (17/5)
Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham) Yasonna Laoly memerintahkan jajarannya khususnya Direktorat Jenderal Imigrasi memperketat prosedur perlintasan orang masuk ke Indonesia ,Senin (17/5)

MAGELANGEKSPRES.COM, JAKARTA – Merebaknya kembali kasus COVID-19 di beberapa negara di dunia langsung disikapi Indonesia. Pengawasan di seluruh perlintasan masuk Indonesia diperketat.

Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham) Yasonna Laoly memerintahkan jajarannya khususnya Direktorat Jenderal Imigrasi memperketat prosedur perlintasan orang masuk ke Indonesia.

“Bagi jajaran Direktorat Jenderal Imigrasi yang bekerja di perlintasan, baik darat, laut maupun udara harus lebih meningkatkan perlindungan diri dan pencegahan bagi warga negara Indonesia maupun warga negara asing yang masuk,” tegasnya dalam keterangannya, Senin (17/5).

Dikatakannya, berkaca dari situasi global pandemi COVID-19, banyak negara telah memasuki masa pandemi kedua dan ketiga serta banyak ditemukan varian baru mutasi COVID-19. Seperti di India yang cukup mengerikan.

“Karenanya, pengetatan perlintasan orang harus dilakukan,” katanya.

Dijelaskannya, peningkatan kasus di negara tetangga semestinya bisa menjadi perhatian khusus oleh semua pihak terutama Direktorat Jenderal Imigrasi, agar tidak terjadi pula di Tanah Air.

“Di Malaysia sekarang terjadi peningkatan yang cukup signifikan. Banyak mereka yang mulai berpikir untuk mengembalikan pekerja-pekerja migran asal Indonesia. Untuk itu teman-teman di perlintasan harus memberikan perhatian,” ujar dia.

Dia pun meminta Direktorat Jenderal Imigrasi memiliki prosedur tetap dan bekerja sama dengan satgas COVID-19 di bandara, pelabuhan laut dan semua pintu-pintu perlintasan.(gw/fin)

Artikel Menarik Lainnya :  Juliari Batubara Terima Fee Bansos Rp11,2 M