Amankan Takbiran, Polres Magelang Sita Ribuan Petasan Siap Ledak

BARANG BUKTI. Jajaran Polres Magelang amankan 627 buah Mercon serta 51 balon udara, barang bukti sudah dimusnahkan.
BARANG BUKTI. Jajaran Polres Magelang amankan 627 buah Mercon serta 51 balon udara, barang bukti sudah dimusnahkan.

MAGELANGEKSPRES.COM, MAGELANG – Polres Magelang berhasil mengamankan petasan sebanyak  627 buah dan 51 buah balon plastik berisi Oksigen. Keberhasilan tersebut dilaksanakan oleh Satgas Penegakkan Hukum

Operasi Ketupat Candi 2021 didukung  beberapa Polsek Jajaran Polres Magelang saat pengamanan malam takbir dan Kenaikan Isa Almasih.

Hal ini disampaikan Kapolres Magelang melalui Kasubbaghumas Iptu Abdul Muthohir, SH dalam rillisnya Sabtu, (15/5/2021).

Pada tanggal 13 Mei 2021 petugas Unit Reskrim Polsek Borobudur telah mengamankan petasan sebanyak 51 buah dan 50 buah balon plastik berisi oksigen.

Sementara dari Polsek Mungkid ada sejumlah 100 buah petasan dan 1 buah balon plastik berisi oksigen yang diamankan. Jelasnya.

“Dari Polsek Salam ada 22 buah petasan, Polsek Muntilan 26 buah petasan, Polsek Windusari 15 buah petasan dan yang terbanyak dari Polsek Mertoyudan yaitu sejumlah 310 buah petasan,” terangnya.

Selain itu petugas Unit reskrim Polsek Secang juga telah mengamankan seorang pemuda bernama Miftahul Huda (22) warga Dusun Soko RT. 01/07 Desa Citrosono Kecamatan Grabag Kabupaten Magelang seorang penjual petasan pada Rabu, 12 Mei 2021 sekira Pukul 21.00 WIB di depan Hotel Secang Permai Jl. Semarang – Secang Kab. Magelang bersama barang buktinya berupa 60 tabung petasan.

Kapolres melalui Kasubbaghumas juga menghimbau kepada para pemuda maupun masyarakat untuk tidak membuat dan membunyikan petasan karena hal tersebut dilarang dan sangat membahayakan diri sendiri maupun orang lain, telah banyak yang menjadi korban akibat ledakan petasan hingga meninggal dunia maupun mengalami luka-luka.

Sementara Kapolsek Mertoyudan AKP Soejarwanto S.I.Kom., MM menyampaikan bahwa pihaknya telah berhasil mengamankan petasan siap ledak pada hari Kamis tanggal 13 Mei 2021 pukul 08.30 WIB di Simpang 4 Jl. Cempaka Dusun Saragan Desa Banyurojo Mertoyudan.

Artikel Menarik Lainnya :  Pasien Positif Covid-19 di Kabupaten Magelang Melonjak Tajam

Ketika Tim patroli menjumpai arus lalin yang macet, selanjutnya langsung melakukan pengecekan dan mendapati sekelompok anak-anak yang sedang melakukan penyulutan petasan dengan berbagai ukuran dan menyetop arus lalin yang sedang melintas, selanjutnya petugas mengamankan petasan berbagai ukuran tersebut, namun untuk orang-orang yang menyulut petasan berhasil melarikan diri.

“Adapun beberapa ukuran mercon sebagai berikut, berdiameter 5 cm panjang 10 cm sebanyak 165 buah, ukuran diameter 3 cm panjang 10 cm sebanyak 72 buah, ukuran diameter 3 cm panjang 10 cm, renteng 3 meter dengan jumlah 71 buah,” papar AKP Soejarwanto S.I.Kom., MM .

Untuk menghindari hal-hal yang tidak di inginkan, beberapa barang bukti berupa petasan dan balon udara tersebut kini telah dimusnahkan.(cha).