PDAM Wonosobo Jamin Pasokan Air Saat Lebaran

MASKOT. Dirut PDAM Wonosobo, M Sjahid, paparkan kondisi kesiapan jelang lebaran dan pengenalan maskot PDAM Tirta Aji Wonosobo
MASKOT. Dirut PDAM Wonosobo, M Sjahid, paparkan kondisi kesiapan jelang lebaran dan pengenalan maskot PDAM Tirta Aji Wonosobo

MAGELANGEKSPRES.COM, WONOSOBO – Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM ) Tirta Aji  Kabupaten Wonosobo menjamin pasokan air bersih ke seluruh pelanggan tidak akan mengalami gangguan selama masa libur Lebaran 2021. Meski diperkirakan konsumsi air akan meningkat sekitar  30 persen lebih.

PDAM Tirta Aji Wonosobo memastikan pasokan air saat perayaan Idul Fitri 2021, akan berjalan lancar. Hal tersebut didasarkan pada kondisi saat ini yang tidak ada masalah dari sisi debit maupun persoalan teknis yang lain.

“Kami pastikan Idul Fitri 2021, pasokan air lancar. Sudah kami pantau semua. Debit air juga dalam kondisi normal. Yang tidak bisa kami jamin jika ada bencana alam seperti  longsor atau banjir yang berdampak  pipa pecah,” ungkap Dirut PDAM Wonosobo, M Sjahid, kemarin saat gelar konpers dan pengenalan maskot PDAM Tirta Aji Wonosobo.

Menurutnya, PDAM sudah menyiapkan langkah antisipasi jika nanti ada gangguan, baik itu dari sisi teknik atau gangguan yang lain. Diantaranya menyiapkan petugas yang on call di setiap cabang.

“Kami siapkan petugas piket di setiap cabang, beserta 17 mobil operasional untuk mendukung tugas darurat. Petugas tersebut tidak libur, mereka harus siap dipanggil atau on call, meski saat Idul Fitri,” ucapnya.

Penambahan suplai air juga telah disiapkan dari sejumlah titik, seperti dari mata air Sukorini Kejajar dan Sigebyah Kecamatan Garung. Hal tersebut untuk antisipasi jika ada peningkatan penggunaan secara signifikan. Utamanya di kecamatan -kecamatan dengan penggunaan air cukup tinggi seperti di Kecamatan Wonosobo.

“Jika dilihat dari penggunaan air oleh pelanggan selama bulan Ramadan, ternyata mengalami kenaikan signifikan. Hal itu diprediksi juga akan berlanjut saat Idul Fitri dan libur lebaran nanti, kecamatan dengan konsumsi air tinggi juga telah dipetakan,” katanya.

Artikel Menarik Lainnya :  15 Titik Paling Rawan Longsor di Wonosobo Bakal Dipasang EWS

PDAM Tirta Aji terus memperbaiki pelayanan terhadap pelanggan, baik dari kemudahan pembayaran maupun pelayanan di lapangan terkait kelancaran air hingga ke tingkat rumah tangga. (gus)