Tak Kalah Indah, Objek Wisata di Grabag dan Ngablak Layak Dikunjungi

PESONA ALAM. Keindahan alam Embung Sekembang di Desa Pagergunung Ngablak dengan latar belakang Gunung Andong menjadi salah satu daya tarik wisata yang menarik di Kabupaten Magelang wilayah utara.
PESONA ALAM. Keindahan alam Embung Sekembang di Desa Pagergunung Ngablak dengan latar belakang Gunung Andong menjadi salah satu daya tarik wisata yang menarik di Kabupaten Magelang wilayah utara.

MAGELANGEKSPRES.COM, MAGELANG – Keindahan alam Kabupaten Magelang tersebar di segala penjuru. Termasuk di wilayah sisi utara yang meliputi wilayah Kecamatan Ngablak dan Kecamatan Grabag layak untuk dipromosikan.

Beberapa ikon destinasi wisata di kedua wilayah kecamatan tersebut adalah Kawasan Gunung Telomoyo, Gunung Andong, Air terjun Sumuran, Air Terjun Sekarlangit, Telaga Blender, Embung Sekembang, Candi Umbul dan sarana kendaraan Jip Telomoyo.

Penggiat Wisata Gunung Telomoyo, Mul Budi Santoso, mengatakan, potensi wisata di wilayah Kabupaten Magelang bagian utara cukup beragam, mulai dari obyek pegunungan, air terjun, embung dan telaga.

“Unsur gunung dan unsur air dapat dinikmati di wilayah Magelang sisi utara ini. Bisa dikatakan ini cukup lengkap karena ada yang alami dan buatan seperti embung. Bahkan ada obyek cagar budaya heritage yaitu Candi Umbul,” ucap Mul Budi Santoso, yang gencar mempromosikan destinasi wisata Kabupaten Magelang bagian utara.

Dua ikon wisata alam yang sudah terkenal di kalangan pendaki, yaitu Gunung Telomoyo dan Gunung Andong. Kendati keduanya berjenis wisata alam, namun mempunyai karakteristik yang berbeda. Gunung Telomoyo bisa menggunakan kendaraan Jeep Telomoyo hingga sampai puncak. Sedangkan Gunung Andong murni untuk didaki secara manual jalan kaki.

“Pengunjung yang ingin naik Gunung Telomoyo untuk menikmati keindahan pemandangan dengan naik jeep bisa melakukan reservasi dari Dalangan, Kecamatan Ngablak, Kabupaten Magelang. Di sini tersedia 10 armada jip yang tergabung dalam Telomoyo Jip Explore dan dilakukan secara safety,” terang Mul Budi, yang juga menjabat sebagai Direktur Ketep Pass ini.

Tidak hanya itu obyek wisata lainnya pun cukup menarik untuk dikunjungi salah satunya adalah Air Terjun Sumuran di Desa Seloprojo Kecamatan Ngablak. Airnya mengalir sepanjang tahun. Air mengalir dari ketinggian sekitar 40 meter. Spesialnya, Air Terjun Sumuran bersumber dari mata air, oleh karenanya, airnya selalu jernih dan mengalir terus menerus. Selain itu, jika suasana cerah bisa melihat keindahan Gunung Andong dan Telomoyo dari kejauhan.

“Akses jalan ke setiap destinasi wisata sudah bagus, sehingga pengunjung bisa dengan nyaman dan aman untuk menjelajahi semua obyek yang ada di Kecamatan Ngablak dan Grabag,” ungkap Mul Budi.

Selain itu juga terdapat Embung Sekembang di Desa Pagergunung, Kecamatan Ngablak, Kabupaten Magelang, yang searah dengan Air Terjun Sumuran. Total bangunan embung menggunakan lahan kas desa seluas 2,8 hektare. Saat ini lahan yang tersisa 2 hektare, kemudian embung terbentuk oval mampu menampung air sebanyak 14.000 meter kubik. Diperkirakan embung ini mampu mengairi lahan pertanian seluas 45 hektar.

Dan yang juga menarik adalah sebuah situs Candi Umbul bersejarah pemandian air hangat tempat pemandian putri raja masih dapat digunakan hingga kini, terletak di Dusun Candi Umbul, Desa Kartoharjo, Kecamatan Grabag, Magelang.

Sumber mata air panas di Candi Umbul tak pernah kering, bahkan saat musim kemarau. Air panas tetap mengairi kolam pemandian kuno yang tersembunyi di antara perbukitan dan lahan persawahan yang hijau.

“Air hangat ini bisa dikatakan menyehatkan, dan area Candi Umbul saat ini sudah dilengkapi dengan gazebo serta taman, untuk memanjakan pengunjung,” tutur Mul Budi.

Sementara Kepala Dinas Pariwisata, Kepemudaan dan Olahraga, Slamet Achmad Husein, SE. MM, menyampaikan, saat ini destinasi wisata Kabupaten Magelang ditutup selama libur lebaran. Hal ini sesuai dengan Surat Edaran Bupati Magelang Nomor 443.5/1729/01.01/2021.

Surat Edaran Bupati Magelang ini juga mengacu pada Instruksi Menteri Dalam Negeri Nomor 10 Tahun 2021 dan Surat Edaran Gubernur Jawa Tengah Nomor 443.5/0007136, tanggal 4 Mei 2021.

“Seluruh daya tarik wisata di Kabupaten Magelang tutup selama libur lebaran sampai dengan 17 Mei 2021. Termasuk Candi Borobudur.

Jadi masyarakat yang hendak mengunjungi destinasi wisata di Kabupaten Magelang harap bersabar karena aturan pemerintah,” tutur Husein.(adv)