Indahnya Pecinan dengan Gerbang Bernuansa Islami

GERBANG. Suasana berbeda di Jalan Pemuda kawasan Pecinan Kota Magelang kian semarak dengan gerbang bernuansa Islam yang diinisiasi masyarakat Kelenteng Liong Hok Bio dan Pemkot Magelang. (foto : IST/magelang ekspres)
GERBANG. Suasana berbeda di Jalan Pemuda kawasan Pecinan Kota Magelang kian semarak dengan gerbang bernuansa Islam yang diinisiasi masyarakat Kelenteng Liong Hok Bio dan Pemkot Magelang. (foto : IST/magelang ekspres)

MAGELANGEKSPRES.COM, MAGELANG – Menjelang Hari Raya Fitri 1442 H/2021, kawasan Jalan Pemuda, Pecinan Kota Magelang bertambah semarak dengan berdirinya gerbang setinggi 9 meter bernuansa Islam. Gerbang ini sengaja dibuat guna menambah keindahan landmark Kota Sejuta Bunga menjelang hari besar umat muslim tersebut.

Kabid Pengelolaan PJU Pertamanan dan Pemakaman DLH Kota Magelang, Yetty Setiyaningsih mengatakan, gerbang ini memang baru pertama kalinya dibuat. Pembangunannya melibatkan sejumlah CSR dari Kelenteng TITD Liong Hok Bio yang bekerja sama dengan beberapa OPD terkait.

“Yang membuat gerbang ini Kelenteng atas inisiasi kerja sama dengan Pemkot Magelang setelah mendapat izin dari Walikota Magelang,” kata Yetty, Minggu (9/5).

Ia menjelaskan, DLH mendukung pembangunan gerbang ini dengan kajian dapat menguatkan landmark Kota Magelang. Pihaknya juga membantu dalam arahan desain, pemasangan, dan setting sumber daya listrik.

“Soal perizinan dan arahan penataan ruang kami bersama dengan DPU-PR dan DPMPTSP. Kami lihat, gerbang ini dapat membantu Kota Magelang untuk memperkuat landmark citra kawasan Pecinan,” katanya.

Sama seperti keberadaan lampion di kawasan Alun-alun, ornamen di gerbang masuk Pecinan ini juga bersifat tematik. Di momen Ramadan dan Lebaran ditampilkan ornamen yang bernuansa islami dengan bentuk kubah masjid, siluet masjid, bunga-bunga, ornamen kaligrafi, dan lainnya.

“Di momen lain, misalnya hari besar keagamaan Natal, Imlek, atau lainnya akan berganti ornamennya. Jadi, keberadaan gerbang ini menambah semarak kawasan Pecinan yang sebelumnya sudah dihias lampu-lampu melintas di atas jalan,” jelasnya. (wid)

Artikel Menarik Lainnya :  Lebih dari 50 Ribu Media Olinne,Tak Sampai 1000 yang Tersertifikasi